Selasa, 27 Maret 2012

PENGGANTIAN TOTAL SENDI LUTUT

Sumber: Orthopaedic Clinic Dr. Kurniawan, SpOT (Spesialis Tulang dan Sendi)


Catatan:. klik ----> Dr. Kurniawan, SpOT untuk informasi lebih lengkap tentang sang dokter. Saya berulang kali mendapat pertanyaan yg sama tentang hal ini, padahal dari awal blog ini sudah di buat sangat "reader friendly", klik saja. lebih susah mana, 1 klik atau posting dan menunggu jawaban?


MENGAPA LUTUT SAYA SAKIT?
Sendi anda terdiri dari 3 tulang. Tulang paha (femur) anda duduk di atas tulang kering (tibia) anda. Apabila anda membengkok atau meluruskan lutut, bagian bawah tulang paha yang bulat bergerak dan berputar di atas bagian atas tulang kering, disebut tulang tempurung lutut (patella), yang terhubung dengan otot-otot  yang berfungsi meluruskan kaki anda. Fungsi tempurung lutut adalah untuk mengurangkan /menyerap daya tekanan pada otot-otot tersebut.
Pada sendi lutut yang normal, permukaan ujung tulang-tulang ini dilapisi tulang rawan yang licin dan kenyal. Tulang rawan ini berfungsi untuk menghalangi pertemuan langsung antara ujung tulang-tulang yang bersendi dan mengurangi gesekan yang terjadi saat bergerak.
Apabila tulang rawan rusak, ujung tulang-tulang tersebut akan bertemu satu sama lain, yang akan menyebabkan gesekan, rasa nyeri dan akhirnya kerusakan tulang rawan yang lebih lanjut lagi. Kerusakan pada tulang rawan biasanya di sebabkan oleh berbagai jenis arthritis(radang sendi), yang paling umum yaitu osteoarthritis. Tidak ada obat ataupun perawatan yang dapat memulihkan kembali tulang rawan yang sudah rusak, selain dengan operasi penggantian tulang sendi(arthroplasty).

APAKAH OSTEOARTHRITIS(PENGAPURAN SENDI) ITU?
Osteoarthritis(pengapuran sendi) adalah suatu penyakit sendi yang kronis, yang di tandai oleh pelunakan tulang rawan secara progresif, yang akhirnya dapat menyebabkan pecahnya tulang rawan, di sertai pertumbuhan tulang baru dan tulang rawan di tepi sendi dan penebalan kapsul sendi.
Osteoarthritis dapat di sebabkan oleh banyak faktor, termasuk:
·         Cedera pada tulang rawan sendi karena olahraga, pemakaian yang berlebihan(over used).
·         Usia
·         Kegemukan(obesitas)
·         Pekerjaan
·         Kecelakaan.
Gejala utama osteoarthritis adalah nyeri, pembengkakan dan kekakuan pada persendian. Umumnya pada lutut, panggul, punggung bawah dan jari-jari. Dapat juga dijumpai perubahan bentuk sendi dan keterbatasan gerakan, terutama pada kasus yang berat.


APAKAH PENGGANTIAN TOTAL SENDI LUTUT?
Dalam pembedahan penggantian total sendi lutut(arthroplasty), bagian ujung-ujung tulang diganti dengan bahan logam dan plastik(polyethylene). Dengan menggunakan peralatan yang tepat, ahli bedah orthopaedi anda akan membuang permukaan tulang rawan yang rusak  dari ketiga-tiga tulang di bagian sendi lutut. Kemudian permukaan tulang tersebut baru akan dilapisi dengan implant.
TKR: before and after
Permukaan tulang atas akan diganti dgn suatu bagian logam bulat yang hampir menyerupai lekuk tulang asli anda. Permukaan tulang bawah diganti dengan logam yang datar dan dialasi pula dengan plastik(polyethylene) yang berperan sebagai tulang rawan. Bagian bawah tempurung lutut juga bisa diganti dgn plastik(polyethylene).


Normal knee with slight osteoporosis

BAGAIMANA SAYA MENGETAHUI APAKAH SAYA MEMERLUKAN PENGGANTIAN SENDI LUTUT?
Ahli bedah orthopaedi anda akan memeriksa lutut anda dengan teliti, termasuk diantaranya pemeriksaan terhadap pergerakan sendi anda –berapa banyak anda mampu meluruskan dan membengkokan lutut anda. Ahli bedah orthopaedi anda juga akan memastikan apakah terdapat  kecacatan(perubahan bentuk) di sendi lutut anda seperti lutut O atau lutut X. Anda akan diminta berjalan, duduk dan mungkin naik turun beberapa anak tangga.
Ahli bedah orthopaedi juga akan menanyai anda mengenai riwayat penyakit dan pengobatan anda. Anda akan ditanya apakah anda pernah mengalami kecelakaan, infeksi kuman atau ada penyakit lain dalam hidup anda. Ahli bedah orthopaedi anda juga ingin tahu apakah anda sedang menggunakan obat-obatan tertentu. Dan tentu saja anda perlu menceritakan mengenai sakit di lutut anda. Akhirnya, ahli bedah orthopaedi anda akan menganjurkan pemeriksaan rontgen untuk menilai keadaan lutut anda dengan lebih teliti lagi. Jika anda mengambil keputusan untuk menjalani pembedahan penggantian total sendi lutut, foto-foto rontgen ini akan digunakan oleh ahli bedah orthopaedi anda untuk membantu dalam pemilihan jenis dan ukuran implant yang diperlukan.
Berdasarkan pemeriksaan ini, ahli bedah orthopaedi anda akan menentukan apakah anda merupakan seorang calon untuk pembedahan penggantian total sendi lutut. Walaupun sudah sering dilakukan, pembedahan penggantian total sendi lutut adalah suatu pembedahan besar dan seharusnya dilakukan hanya bila pengobatan lain telah gagal. Mungkin anda dan ahli bedah orthopaedi anda ingin mempertimbangkan pilihan pengobatan lain yang lebih konservatif, seperti penggunaan obat-obatan atau suntikan untuk mengurangi nyeri dan peradangan, fisioterapi ataupun jenis pembedahan yang lain (Arthroscopic Debridement).
Keputusan ingin atau tidak untuk menjalani pembedahan penggantian total sendi lutut terpulang kepada anda, jadi tentu saja anda ingin mengetahui resiko-resikonya. Kemungkinan terjadinya komplikasi memang ada sebelum dan sesudah pembedahan. Secara umum, komplikasi berupa perdarahan, infeksi, pembekuan darah (deep vein thrombosis), kelonggaran prosthesis, dan cedera urat syaraf. Ahli bedah orthopaedi anda akan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan anda mengenai resiko-resiko ini.

BAGAIMANA RASANYA MENJALANI PEMBEDAHAN PENGGANTIAN SENDI LUTUT?
Sebelum pembedahan
Jika anda dan ahli bedah orthopaedi anda telah membuat keputusan bahwa penggantian total sendi lutut adalah sesuai untuk anda, maka akan dijadwalkan tanggal pembedahannya. Beberapa pemeriksaan tambahan lain mungkin diperlukan sebagai persiapan untuk pembedahan. Misalnya mungkin ahli bedah orthopaedi anda menganjurkan anda diperiksa oleh ahli penyakit dalam atau ahli jantung.
Sewaktu pembedahan
Di hari pembedahan, anda akan diminta berpuasa dan dipasangi infus. Selain cairan infus yang dimasukkan, juga diperlukan antibiotik untuk pencegahan infeksi. Anda kemudian akan dibawa ke kamar bedah dan dibius oleh ahli anasthesia. Kemudian lutut anda akan dicuci supaya steril dengan menggunakan bahan desinfektan.
Pembedahan akan dimulai dengan irisan kulit di bagian depan lutut yang akan mencapai ke dalam sendi. Apabila ujung lutut telah dapat dilihat dengan jelas, ahli bedah orthopaedi anda akan menggunakan peralatan khusus yang tepat untuk membuang bagian-bagian permukaan tulang yang rusak dan melapisinya dengan implant yang sesuai dengan menggunakan semen tulang (bone cement).
Ligamen-ligamen(urat-urat) di sekitar sendi juga mungkin perlu disesuaikan untuk mendapatkan fungsi sendi terbaik. Apabila ahli bedah orthopaedi anda telah puas dengan keadaan sendi yang telah diganti, barulah luka dicuci dan ditutup kembali.
Satu selang kecil kemudian dipasang di bagian sendi lutut untuk mengeluarkan cairan dan darah yang memang akan tersisa setelah pembedahan. Tungkai bawah anda akan dibalut dengan elastic bandage dan anda akan dibawa ke ruang pemulihan di mana anda akan dipantau dengan teliti. Pembedahan anda mungkin akan mengambil waktu antara 1 hingga 3 jam, tergantung pada keadaan anda.
Sesudah pembedahan
Anda akan sadar kembali dengan perlahan ketika efek pembiusan mulai berkurang. Apabila anda telah sadar sepenuhnya, anda akan dibawa kembali ke kamar perawatan rumah sakit anda. Sendi lutut anda akan terasa sakit dan bengkak untuk beberapa hari, tetapi akan dapat diatasi dengan obat-obatan.
APAKAH YANG SAYA HARAPKAN SESUDAH PEMBEDAHAN?
Apabila anda telah kembali ke kamar perawatan rumah sakit anda, anda akan memulai program pemulihan untuk mendapatkan kembali kekuatan, keseimbangan dan pergerakan pada sendi lutut anda. Program ini disusun khusus untuk  anda dan akan dibantu oleh seorang fisioterapist.
Fisioterapist anda akan membantu anda melakukan gerakan-gerakan yang sesuai. Kira-kira 24 jam setelah pembedahan, anda mungkin diminta untuk berdiri. Dalam waktu 24 jam berikutnya anda akan mulai berjalan beberapa langkah dengan bantuan alat bantu jalan(walker frame).
Anda akan diperbolehkan keluar dari rumah sakit apabila ahli bedah orthopaedi anda sudah menilai bahwa anda sudah pulih secukupnya. Anda mungkin dirawat di rumah sakit selama 3 sampai 5 hari setelah pembedahan. Anda masih perlu kontrol kembali untuk perawatan luka dan fisioterapi.
Anda perlu meneruskan latihan-latihan gerakan saat sudah kembali ke rumah anda, yang akan  diajarkan oleh fisioterapist anda. Dalam waktu 6 minggu setelah pembedahn, kebanyakan penderita sudah dapat berjalan menggunakan tongkat.
Pada kebanyakan kasus, penggantian total sendi lutut yang berhasil akan menghilangkan rasa nyeri dan kekakuan sendi dan akan memungkinkan anda menjalankan kegiatan harian anda. Walau bagaimanapun, masih ada beberapa pantangan untuk anda walaupun anda telah pulih sepenuhnya dari pembedahan. Pantangan tersebut antara lain: olahraga high impact atau kegiatan yang mengakibatkan daya tekanan berlebihan pada sendi lutut anda.

226 komentar:

  1. Artikel ini sesuai bgt dgn keadaan lutut mamaku pasca kecelakaan. Berapa sih mba besar biaya operasi pergantian sendi lutut? thanks infonya (Veni Novita)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mba Veni Novita dah mampir di blog ini :)
      soal biaya untuk penggantian sendi lutut ini, nanti aku PM aja ke fb setelah aku tanyain ke dokternya.

      trus, banyak faktor yg mempengaruhi total biaya ini juga, antara lain jenis kamar RS yg dipilih buat rawat inapnya. karna nanti biaya dokter per kunjungan disesuaikan dengan jenis kamar, semakin bagus kamar semakin mahal biaya dokternya juga. faktor lain yg gak kalah penting: biaya obat2an, bisa sangat mahal, terutama kalau rumah sakitnya tidak memperbolehkan kita membeli obat dari luar, hal ini tentunya tergantung dari kebijakan RS yg dipilih. lalu tentu saja tarif dokter dan peralatan buat operasinya, ini juga bervariasi, tergantung dokternya. dari semua faktor ini, bisa bikin perbedaan yg cukup besar kalo di total

      Hapus
    2. saya mohon saran dan informasi! krn saya sdh operasi kedua sendi lutut selama 1 tahun dan terapi tiap hari, bahkan kdg2 2 kali. tp belum bisa melipat secara penuh, shg sebagai muslim kalau sholat kesulitan, terutama dlm takhiyat, begitu juga belum bisa jongkok! mohon dibantu!

      Hapus
  2. sendi saya sekarang nyeri dan seperti kesemutan cidera ini karena olah raga..pingin sy tanyakan obatnya apa.....penanganan skrng yg sy lakukan adl tusuk jarum... makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Sasongko: Nyeri lutut karena cidera olahraga, dalam bidang orthopedi, mesti konsultasi dengan Dokter ortopedi sub spesialis sports medicine atau traumatologi. kebetulan nih, Dr. Kurniawan memang sub spesialis nya bidang ini. tinggal di kota mana? kalau disekitar kota Medan, datang saja ke tempat prakterk buat konsultasi, alamat lengkap ada di artikel lain blog ini juga.

      Mengenai cara pengobatan, tergantung hasil diagnosa sang dokter ortopedi. kalau tusuk jarum/akupuntur, aku kurang mengerti, walaupun aku pernah baca, katanya akupuntur kalau digunakan secara tepat bisa menyembuhkan/meringankan hampir semua penyakit. cuma karena gak ada "clinically proven" saya pribadi kurang percaya.

      Hapus
    2. kebetulan alamat aku di solo mbak...kalau Dr Kurniawan mempunyai referensi dokter atau malah teman dokter yang sub spesialis nya bidang yang sama disekitar solo saya harus menemui dokter siapa mbak....terimakasih sebelumnya...

      Hapus
    3. Sudah saya tanyakan pada Dr. Kurniawan, beliau mereferensikan Dr. Pamudji di RS. Soeharso - Surakarta.

      Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.

      Hapus
    4. mas sasongko,,,,,, saya sdh operasi penggantian sendi lutut kedua kaki saya, tp kok belum bisa melipat secara penuh ya, terutama kalau sholat belum bisa takhiyat dan begitu jg belum bisa jongkok!
      salam

      Hapus
  3. mba' stephanie, tks infonya ..bagus banget,

    kebetulan ibu saya di operasi di Malacca , dan setelah operasi ingin control di jakarta aja, kira2 kalau di Jakarta Dr Kurniawan bisa rekomendasikan kemana ya mba'..tks sebelumnya

    BalasHapus
  4. Makasih dah mampir ke blog ini, sudah tanyakan pada Dr. Kurniawan, beliau mereferensikan Dr. Nicholas di RS Medistra.

    BalasHapus
  5. boleh gk kirim alamat emailnya atau No Hp Dr. Kurniawan, SpOT.
    thanks ya atas bantuannya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir di blog ini, email nya Dr. Kurniawan, SpOT: kuri_puri@yahoo.com

      di subject emailnya sebut saja "Pembaca blog Dr. Kurniawan, SpOT"

      bisa juga di CC ke emailku esteelin27@gmail.com incase anda perlu informasi yg segera/urgent, bisa saya bantu untuk mengingatkan.

      Hapus
  6. Allesandro Siahaan12 Desember 2012 20.35

    Dok, bagaimana jika setelah 2 bulan terjadi infeksi (pembengkakan)? Setelah pembengkakan tsb, dilakukan kembali operasi, dan ditanam kembali antibiotik , dianjurkan dokter selama 6 minggu utk menjalani perawatan dan bakal operasi utk ketiga kalinya, yaitu menanam kembali sendi buatan.
    pertanyaan saya: bagaimana perawatan pasca operasi kedua? Pasien berusia 81 tahun.
    Anda dapat menghubungi saya: allesandro22@gmail.com
    Atas saran dan balasannya, saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Bp. Allesandro sudah mampir di blog ini,

      Pertanyaan Anda sudah saya fwd kan pd Dr. Kurniawan, mungkin perlu waktu sampai Dr. Kurniawan menjawab.

      Hapus
    2. Berikut adalah reply dari Dr. Kurniawan, SpOT

      -----------------------------------------------------
      Saya turut menyesal apa yang dialami penderita 81thn dengan infeksi 2 bulan pasca operatif TKR. Memang hal ini bisa terjadi pada setiap penderita yang menjalani operasi TKR, tetapi kemungkinannya sangat kecil (0.01%).
      Apakah pembengkakannya hanyalah reaksi inflamasi saja? Atau memang sudah terjadi infeksi, bisa saja hanya permukaan saja sehingga tidak perlu melepas implantnya atau bagian dalamnya sehingga dianggap perlu untuk melepas implant (tergantung apa yg didapati surgeon saat operasi kedua).
      Sekarang sdh dilakukan operasi kedua yaitu pembersihan (debridement), pelepasan implant yg terpasang disertai pemasangan semen antibiotik (antibiotic cement spacer) dan pemeriksaan laboratorium untuk kultur dan test resistensi kuman terhadap antibiotik.
      Perawatan selanjutnya: Rawat luka, pemberian antibiotik suntikan sesuai hasil test resistensi sambil dipantau nilai ESR sampai mencapai normal dan bila perlu dilakukan aspirasi cairan sendi untuk memeriksa apakah masih terdapat kuman. Apabila sudah dilakukan dan didapati sudah normal dan tidak ditemukan lagi kuman dalam cairan sendi barulah dipertimbangkan untuk operasi ketiga yaitu pemasangan kembali sendi artifisial baru dengan menggunakan antibiotic cement.
      Demikian sedikit informasi yang dapat saya berikan, kiranya dapat sedikit membantu...

      Thank you,
      KURNIAWAN

      Hapus
  7. Bila dilakukan tindakan arthoscopy, apa saja yg perlu dipersiapkan? Dan msh efektifkah jika dilakukan pd mama sy yg berusia 65 th? Dimanakah RS atau dokter ygmenanganinya? Lalu berapa kira2 biaya yg diperlukan? Terima kasih dokter..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir di blogku, dan harap diperhatikan bahwa blog ini didedikasikan pada Dr. Kurniawan SpOT, blog ini dikelola oleh saya, bukan beliau, dan saya akan berusaha sebisa mungkin menjawab pertanyaan yg bersifat umum, dan kalau ada pertanyaan yg bersifat sangat teknis yg saya tak mampu jawab, barulah saya meminta Dr. Kurniawan untuk menjawab.

      Lalu pertanyaan Anda soal persiapan sebelum arthroscopy, sang dokter bedah akan merujukkan pasien untuk beberapa test yg berkaitan dgn operasi,seperti tes darah, lalu di rontgen, dan jika sang pasien punya penyakit seperti darah tinggi, jantung, kencing manis dan sebagainya, tentu harus dirujukkan pada dokter spesialis bidang tersebut juga. gunanya adalah supaya memastikan kondisi sang pasien siap untuk dioperasi.

      Secara umum, tak ada batasan umur untuk calon pasien arthroscopy, implant sendi lutut tersebut tahan dipakai antara 10 hingga 15 tahun untuk pemakaian normal, dalam arti tidak aktif berlebihan. jadi umur ketahanan implant relatif buat tiap pasien.

      Untuk wilayah kota Medan, Dr. Kurniawan SpOT adalah salah seorang dokter yg bisa menangani arthroscopy, untuk RS tempat operasi, silahkan cek data nya di blog ini juga. Soal biaya, terakhir kali Dr. Kurniawan memberikan harga 55 juta untuk operasi Total knee replacement 1 kaki untuk kelas kamar umum (kamar untuk 5 atau 6 org pasien), karena biaya operasi, dll disesuaikan dgn kelas kamar inap pasien.

      Hapus
    2. Dr. Kurniawan SpOT praktek dimana ya Mbak? Terima kasih.

      Hapus
    3. Terima kasih sudah mengunjungi blog ku, alamat praktek Dr. Kuriawan dapat Anda temukan di sini
      http://drkurniawanspot.blogspot.com/2012/03/dr-kurniawan-spot_23.html

      Hapus
  8. Mbak, apakah operasi penggantian sendi ini khusus untuk lutut saja? Kalau untuk sendi lengan apakah juga bisa? Mengenai biayanya apakah sama? Thanks.

    BalasHapus
  9. Terima kasih sudah mampir di blog ku,pertanyaan yg cukup menarik.

    Pada dasar nya penggantian sendi tangan dan lutut menggunakan prinsip yg sama, tetapi biasanya dokter orthopedi yg menangani penggantian sendi lutut, belum tentu menguasai penggantian sendi tangan juga, 2 bidang ini dari 2 bidang sub spesialis yg berbeda, karena anatomi tangan jelas berbeda dengan kaki.

    mengenai biayanya, mungkin lebih kurang sama, tidak beda jauh, tergantung harga implant yg dipakai juga, dan juga tingkat kesulitan operasi.

    BalasHapus
  10. Mba, mohon informasinya terkait penggantian sendi tulang paha (yang berhubungan dengan panggul). Kebetulan adik saya divonis sendi panggulnya mati karena kecelakaan dan jalan terakhir yang disarankan oleh tim dokter yang menangani harus ganti dengan sendi implant. Yang mau saya tanyakan, apakah penggantian sendi ini ditanggung oleh ASKES? kebetulan adik saya masih tertanggung ASKES PNS Bapak saya. Kemudian jika harus sharring, berapakah biaya yang ditanggung ASKES?
    Mohon informasinya...
    Terima kasih sebelumnya Mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mba Ika, sudah mampir di blog ini.
      Soal tanggungan oleh ASKES, saya rasa ada baik nya hal ini ditanyakan lgsg pada divisi terkait di tempat adik nya mba bekerja, blog ini khusus membahas masalah teknis dari segi medis saja, dan kebetulan saya tidak punya sumber data tentang tanggungan ASKES, jd saya juga tak bisa membantu.

      Mengenai biaya untuk penggantian total sendi paha, terakhir ibu saya biaya nya sekitar 120 jutaan rupiah, operasinya di RS di penang malaysia, dan saya dengar bahwa biaya operasi di Medan sekitar 80 jutaan. hubungi langsung pihak ASKES saja, manatahu mereka justru bisa membantu, karena biasanya pihak asuransi juga mengurusi hal begini.

      Hapus
  11. jika di jakarta mau operasi Total Hip Replacement yang bagus sama dokter siapa?

    BalasHapus
  12. Terima kasih sis Marsela sudah mampir di blog ku.

    Dr. Kurniawan mereferensikan Dr. Nicholas di RS. Medistra

    BalasHapus
  13. mbak saya telah menjalani oprasi THR tapi kemudian terjadi disloc, sehingga terasa sangat nyeri. saya ingin kembali revisi saya telah coba ke dr andito di rs. premier bintaro, tapi harganya sangat mahal. bisakah direkomendasikan ke dokter siapa lagi yg ahli dibidang THR tapi harganya tidak terlalu mahal? atau kalau seandainya di malaysia di RS apa dan dokter siapa? trimakasih atas jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir di blog ini, THR bisa terjadi dislocation pasti karena tidak disiplin, kaki di tutup rapat, atau berbaring menyamping dengan kaki yg di THR atas ya? itu memang pantangan utama kalau menjalani THR, tidak peduli berapa bagus hasil operasinya, selama 3 bulan pertama memang 2 hal tsb pantangan nya, dan tak boleh jongkok. harus nya sang dokter sudah memperingatkan hal tersebur setelah usai operasi.

      Operasi THR ini memang mahal, ibuku di operasi di RS. Island di Penang malaysia, dengan biaya dasar saja 26.000 RM, bisa ada biaya tambahan sampai 5.000RM. tapi kurang tahu kalau operasi revisi, pasti tidak murah, tapi kalau anda berminat, bisa saya tanyakan ke Dr. Kurniawan atau pun Dr. di malaysia, kirimkan saja hasil rontgen anda pada saya ke email saya: esteelin27@gmail.com.

      cara memindahkan foto rontgen ke format digital supaya bisa diemail: buka layar computer dengan dasar putih, letakkan foto rontgen di atas nya, lalu foto dgn kamera digital/hp, lalu attach ke email atau post di fb dan berikan saja link nya pada saya.

      semoga informasi ii berguna :)




      Hapus
  14. ibu saya menjalani operasi TKR tgl 29 Mei lalu dan tepat 3 hari setelah operasi beliau sudah boleh pulang ke rumah dan menjalani latihan berjalan secara mandiri.yang saya ingin tanyakan apakah normal jika kaki yang dioperasi mengalami bengkak setelah 5 hari operasi, apa itu berarti ibu saya harus mengurangi latihannya? atau saya harus kontrol ke dokter lebih awal dari yang direncanakan (7 hari setelah pulang ke rumah). Terima kasih atas informasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih DDR sudah mampir di blog ku,
      Bengkak yg bagaimana? kalau bengkak pada telapak kaki yg di operasi, itu wajar, dan bisa berlangsung hingga 3 bulan pasca operasi. biasanya dokter akan menganjurkan supaya kaki di ganjal sewaktu tidur hingga lebih tinggi dari jantung, dengan demikian bengkak nya akan hilang sewaktu bangun tidur, walaupun memang balik lagi setelah beraktifitas seharian, dan itu wajar.

      Tetapi jika bengkak di tempat lain, dan ada tanda infeksi, maka harus segera di kontrol ke dokter lagi.

      Hapus
  15. Info yang sangat-sangat bermanfaat. Ibu saya (58 thn) mengalami persis seperti uraian diatas. Saat ini ditangani seorang dokter spesialis di RS di Surabaya. Menurut beliau jika dibuat skala 1-4 (1: ringan, 4: harus TKR), ibu saya skala 3. Tapi melihat kondisi ibu saya tampaknya pilihan TKR adalah yg terbaik. Mohon masukannya RS di Surabaya yg berpengalaman di bidang tsb dan siapa dokter yang direkomendasikan. Terimakasih banyak.

    Faiz, Pasuruan Jatim.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mengunjungi blogku,
      Dr. Kurniawan mereferensikan Dr. Pamudji di RS. Soeharso - Surakarta.

      Hapus
  16. artikel yg sgt menarik, kl untuk wilayah semarang dan sekitarnya, dr.SpBOt dan RS mana yg direkomendasikan?
    Trm ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sdr Apung, untuk wilayah semarang dan sekitarnya, Dr. Kurniawan mereferensikan Dr. Pamudji di RS. Soeharso - Surakarta

      Hapus
  17. kalau lututnya sudah terpecah menjadi beberapa serpihan dan masuk kedalam rongga rongga sekitar lutut, apa masih bisa dilakukan penggantian melalui operasi ini ?, dan boleh saya minta rekomendasi dokter yang biasa menangani hal semacam ini di bali ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sdr. Sagung sudah mampir di blogku,

      Mohon maaf sebelum nya, atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda. Pada prinsip nya, operasi penggantian mungkin di lakukan, tetapi tentu saja bukan hanya penggantian sendi lutut, karena jika Anda perhatikan artikel TKR ini, anda akan menemukan bahwa TKR prinsip nya hanya mengganti permukaan sendi lutut. jadi kalau pecah, tentu saja perlu tindakan koreksi yg lain, bukan hanya TKR. untuk lebih jelas nya, konsultasilah ke dokter orthopedi yg terdekat di tempat Anda, Dr. orthopedi biasanya akan merujukkan ke sub spesialis yg lain jika bukan bidang nya.

      Hapus
  18. Ibu saya sebulan yang lalu operasi penggantian sendi lutut. Setelah operasi, telapak kakinya bengkak hingga saat ini. Mengapa bisa bengkak ? Berapa lama pembengkakkan terjadi ? Apakah bisa sembuh ? Bagaimana mengatasi pembengkakkan tersebut, apakah menggunakan obat atau fisioterapi ? Terima kasih sebelumnya atas jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sdr. Yudi Christian sudah mampir di blog ku,

      Pembengkakan telapak kaki adalah reaksi tubuh yang wajar, setelah operasi besar seperti operasi penggantian total sendi lutut. Pembengkakan ini akan sembuh sendiri, dan akan berlangsung selama lebih kurang sampai 3 bulan setelah operasi. Cara mengatasi/mengurangi pembengkakan tersebut adalah dengan mengganjal kaki yg bengkak tersebut sewaktu tidur, supaya lebih tinggi dari jantung. diganjalnya mulai dari dibawah lutut sampai ujung kaki. tujuan nya adalah agar cairan yg terkumpul di ujung kaki bisa dialirkan ke tubuh. jadi sehabis bangun tidur, bengkak nya akan berkurang, tetapi setelah aktifitas seharian, akan bengkak kembali, tetapi itu wajar.. jd diganjal saja terus sewaktu tidur.

      Demikian, semoga penjelasan ini membantu.

      Salam

      Hapus
    2. Terima kasih banyak atas penjelasannya.

      Hapus
  19. sangat bermanfaat sekali artikelnya, terima kasih sudah sharing

    BalasHapus
  20. mbak, untuk joint replacement didaerah surabaya dokter siapa yang direkomendasikan?? ini untuk bapak saya yag usia 75 tahun?? kebetulan bapak saya Purnawirawan AD, bisakah dalam operasinya menggunakan fasilitas Askes. mohon infonya ya mbak, soalnya kasian bapak saya diam terus dikamar, secara fisik masih snagat sehat.terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir di blogku,

      Blog ini khusus membahas Orthopedi dari segi teknis dan hal lain terkait, dan kebetulan saya tidak punya informasi tentang cakupan tanggungan Askes. Ada baik nya anda hubungi pihak Humas Askes untuk menanyakan cakupan nya, dan dokter mana saja yg masuk cakupan Askes.

      Hapus
  21. halo..... setahun yang lalu saya kecelakaan, sehingga tulang kaki kiri saya lepas dari persendian sehingga tidak lagi simetris jadi tulang sebelah kiri menonjol kesamping kiri pada bagian lutut... apakah harus di operasi pembedahan ? kira kira berapa biayanya dan sebaiknya untuk rekomendasi ke rumah sakit mana ? terimakasih atas jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir di blogku,

      Lepas dari persendian disebut "dislocation", karena sudah terjadi begitu lama, maka jalan satu-satunya untuk mengoreksi/membetulakn letak tulang tersebut adalah dengan operasi. Biaya operasi buat tidap daerah berbedah, tarif dokter tiap daerah juga berbeda, jadi di sarankan anda datang dan berkonsultasi dengan dokter spesialis Orthopedi terdekat di daerah Anda, sehingga punya gambaran akan biaya nya, baru memutuskan apa yg harus dilakukan. jika Anda punya asuransi kesehatan yg mencakup bidang kecelakaan seperti ini, Anda juga bisa menghubungi agen asuransi Anda untuk menanyakan sejauh mana cakupan tanggungan asuransi.

      Hapus
  22. Hallo dokter...
    Ayah saya berumur 71 tahun menderita penyakit pengapuran tulang di pinggang yang terasa sakit sekali dan mengalami susah buang air besar.
    Kira-kira apa pengobatannya dan saya coba baca2 artikel ada yang mengatakan operasi penggantian tulang sendi, dimana rumah sakit yang bisa melakukan ya?

    Terima kasih banyak saya ucapkan sebelumnya.

    Salam,
    James

    BalasHapus
  23. Sorry ayah saya tinggal di Medan, adakah rumah sakit yang bisa melakukan operasi pengapuran tulang? Atau jika kami bisa membawanya ke Jakarta di rumah sakit mana ya?

    Terimkasih sekali lagi.

    Salam,
    James

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sdr. James sudah mampir di blog ku,

      Kebetulan sekali Ayah Anda tinggal di Medan, datang saja berkonsultasi ke Dr. Kurniawan SpOT, tempat praktek beliau dapat anda temukan di sini

      http://drkurniawanspot.blogspot.com/2012/03/dr-kurniawan-spot_23.html

      Karena tentu lebih baik diperiksa langsung oleh Dr. Kurniawan, akan lebih jelas dan lengkap. Jangan kuatir, Dr. Kuriniawan sangat ramah dan sabar terhadap pasien, apalagi pasien berusia lanjut, ibuku juga ditangani oleh beliau. Lalu, datang berkonsultasi tidak berarti langsung di vonis harus operasi. Dr Kurniawan akan menjelaskan apa masalah sebenarnya setelah di rontgen, lalu menawarkan beberapa solusi, mungkin operasi, mungkin juga tidak.

      Lalu mungkin juga Dr. Kurniawan akan merekomendasikan dr Orthepedi sub spesialis yg lain, jika ternyata diagnosis nya ternyata bukan bukan bidang spesialis beliau.

      Lalu harap bersabar jika datang berkonsultasi ke tempat praktek Beliau, jadwalnya biasanya cukup padat, jadi bisa lama mengantri.

      Demikian semoga bisa membantu,
      Salam

      Hapus
    2. Hai mau tanya dong dr kurniawan praktek di mana? Sy berencana mau operasi penggantian tempurung lutut untuk mama mertua sy. Sy sdg menghitung biaya yg harus disiapkan. Bisa balas ke email sy aja langsung tq

      Hapus
    3. Terima kasih sis Lenny sudah mampir di blog ku,

      Anda tidak menyertakan alamat email buat mengirimkan balasan, tetapi informasi yg Anda cari sudah ada di blog ini juga, di artikel pertama. http://drkurniawanspot.blogspot.com/2012/03/dr-kurniawan-spot_23.html
      Dan kebetulan sekali Dr. Kurniawan bekerja sama dengan RSU. Deli sedang mengadakan bakti sosial buat operasi TKR, jadi ada keringanan biaya untuk operasinya. untuk keterangan lebih lanjut, silahkan berkonsultasi langsung ke tempat praktek Dr. Kurniawan

      Salam.

      Hapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lalu mungkin juga Dr. Kurniawan akan merekomendasikan dr Orthepedi sub spesialis yg lain, jika ternyata diagnosis nya ternyata bukan bukan bidang spesialis beliau.

      Lalu harap bersabar jika datang berkonsultasi ke tempat praktek Beliau, jadwalnya biasanya cukup padat, jadi bisa lama mengantri.

      Hapus
  25. mohon informasi rumah sakit di Indonesia yg melayani operasi penggantian lutut bilateral atau simultan.terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir di blog ini,

      Tiap wilayah di Indonesia punya kok, dokter Orthopaedist spesialis Total Knee replacement (penggantian total sendir lutut)

      Di Jakarta ada Dr. Nicholas yg praktek di RS. Medistra,
      Di Medan sini tentu saja Dr. Kurniawan, SpOT di RS Methodist Medan, alamat nya ada di blog ini jg.

      Tapi prinsip nya, cari saja Dokter spesialis orthopedi di kota Anda, dan jika dokter orthopedi yg anda temui kebetulan bukan spesialis Total Knee Replacement, biasanya akan di refer ke spesialisnya.

      Salam

      Hapus
  26. Setelah berkali2 disuntik dan disedot cairan, sakit lutut ibu saya selalu kambuh dan bengkak lagi.
    Kami berencana membawanya ke penang untuk mendapatkan opini lain.
    Apa ada saran mengenai rumah sakit dan dokter di penang?
    Apakah setelah operasi penggantian sendi lutut, pasien bisa berjalan normal tanpa alat bantu?
    Apakah bisa untuk berlari atau melompat biasa?
    Terima kasih banyak sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir di blog ini,

      Sebenarnya hampir tiap rumah sakit besar di Penang seperti Lam Wah Ee, Adventist, Loh Guan Lai, Island Hospital punya spesialis Total Knee Replacement nya.

      Tetapi yg saya kebetulan tahu, dan terbukti sudah berhasil menyembuhkan pasien yg kebetulan masih kerabat dekat saya, adalah Dr. Chow Chong Ciek di Island Hospital. Hanya saja, bukan rahasia lagi kalau Island Hospital ini RS termahal di Penang.

      Lalu sepengetahuan saya, pasien TKR bisa berjalan secara normal dan naik tangga tanpa bantuan tongkat, demikian yg saya lihat pada kerabat dekat saya itu.
      Mengenai berlari atau melompat, secara teori seharusnya tak masalah, mengapa tidak lgsg saja konsultasi ke sana, tanyakan saja lgsg pada dokternya.

      Semoga informasi ini membantu,
      Salam.

      Hapus
  27. mbak dimana ya alamat prakteknya dr kurniawan? sudah 2 tahun saya merasakan nyeri sendi karna benturan keras. thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir diblog ku sdr. Asep,

      Alamat praktek Dr. Kurniawan dapat anda temukan di artikel lain blog ini juga http://drkurniawanspot.blogspot.com/2012/03/dr-kurniawan-spot_23.html

      Hapus
    2. saya mau nanya dulu mba, saya olahragawan. saya bermain futsal dan mengalami benturan keras dibagian patella. lalu sampai skarang nyeri itu tidak hilang. apa masalahnya ya?

      Hapus
    3. Sdr Asep, jelas patella/tempurung lutut anda mengalami cedera, jadi sebaiknya segera di periksa oleh dr. orthopedi, supaya bisa diambil tindakan medis yg segera. cedera tempurung lutut jangan dianggap sepele, kuatirnya bisa jadi kerusakan permanen, yg nanti nya tentu memerlukan pengobatan yg intensif, atau bahkan mungkin memerlukan penggantian total sendi lutut.

      Hapus
  28. maaf sblm nya,
    saya ingin bertanya, saya jennifer,
    apakah radang sendi ditangan bisa disembuhkan dg tusuk jarum?
    apakah radang sendi ini jga dipengaruhi oleh cuaca? jika cuaca dingin akan terasa sakit..
    mama saya telah menjalani pengobatan terapi selama 6 bulan, tpi hari-hari ini tangan nyamenjadi bengkak dan tidak dapat diluruskan..
    apa yg bisa kami lakukan agar mengurangi rsa nyeri tsb?
    mohon bantuan nya,
    alamat email saya : jennifer_queen0225@yahoo.com
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir di blog ini, pertanyaan Anda sudah saya forward kan pada Dr. Kurniawan, mudah2an segera dibalas.

      Hapus
  29. berapa biaya operasi nya untuk 1 kaki di RS Medistra Jakartapada saat ini ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sdr. Fsatrijanto sudah mampir di blog ini,
      Biaya operasi buat tiap daerah mungkin berbeda, demikian juga dengan tarif sang dokter operasi juga mungkin berbeda dari 1 dokter ke dokter lain nya, demikian juga kelas kamar RS dan RS juga mungkin menjadi faktor yg ikut menentukan total biaya operasi. jadi saran saya, berkunjunglah ke RS tsb, buat konsultasi dan sekalian "interview" dgn dokter yg akan mengoperasi Anda untuk memastikan kredibilitasnya, dan menanyakan total biaya nya, apa saja yg ditawarkan RS tersebut. tetapi sebagai gambaran umum, operasi TKR(total knee-joint replacement) berkisar antara 55 juta sampai 75 juta rupiah, tergantung faktor2 yg saya sebutkan di atas.

      Hapus
  30. lutut saya kalau di pegang bunyi(kocak) pernah sekali disedot ,sekarang ini seringnya setelah duduk terus berdiri seperti lepas. Sekarang agak bengkak tolong saya di recom kalau di Surabaya dokter siapa? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sdr. Biantoro sudah mampir di blog ini,

      di Surabaya ada Dr. Bambang Priambodo, SpOT

      Hapus
  31. Mamah saya 74 taon kena osteoarthritis. Di anjurin operasi ganti sendi lutut. Di Indo yang paling bagus dan berpengalaman di mana yah? Saya baca komentar di atas dr pamudji di solo. Apakah itu bagus? Apakah operasi di Indonesia sudah cukup maju di banding operasi di luar negeri seperti malaysia atau singapura. Mohon infonya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir di blog ini,

      Sebenarnya hampir di tiap daerah di Indonesia punya Dr. SpOT yg mampu menangani TKR. Dan Dr. Pamudji di Solo merupakan salah satu Dr. Orthopedi terbaik di Indonesia.

      Soal apakah operasi di Indonesia sudah cukup maju, pendapat saya secara pribadi adalah, bahwa sebenarnya Indonesia tidak kalah dengan negara lain seperti Malaysia, Singapore. Hanya saja, kadang2 masih kurang profesional, terutama staf pendukungnya, dibanding RS di singapore/m'sia, karena mereka memang mengejar devisa dr negara kita khususnya dr bidang ini. jadilah RS maupun dr di Indonesia ini kalah pamor di banding mereka. dan memang fakta juga, bahwa kadang2 ada Dr atau RS di Indonesia yg se wenang2 dalam mendiagnosa dan memberikan harga, kadang2 bisa lebih mahal di banding di Malaysia. karena di M'sia/Singapore mereka sudah sangat standar, sesuai ISO. tapi masih banyak kok, dokter spesialis di indonesia sini yg bisa di andalkan, cukup profesional, contoh nya Dr. Kurniawan, SpOT ini.

      Jadi kesimpulan nya, mungkin berpulang lg kepada pasien, harus menjadi konsumen yg cerdas, proaktif, mencari tahu dulu, tidak harus melulu tergantung pada dr di luar negri, sehingga bisa menghemat devisa juga :)

      Hapus
  32. mohon di jawab saya ingin tanya untuk kisaran saja biayanya total hip replacement di pelvis brapa?
    Dan mohon di jawab dgn jujur apakah ada resiko dlm operasi total hip Replacement ini spt bisa lumpuh atau 6tahun lg mesti mengulang opt ini. Mohon dijwb makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih telah mampir di blog ini,

      Telah saya fwd kan pertanyaan Anda pada Dr. Kurniawan, berikut adalah jawaban dari beliau:

      Mengenai biaya total hip replacement (THR) sangatlah variatif tergantung di mana dilakukan, kelas yg diambil, jenis implant beserta brandnya, jenis dan jumlah obat yg digunakan. Kalau saya biasanya berkisar 40-60 juta bahkan kadang bisa lebih. Jadi sangatlah sulit menentukan harga pasti dan semua tergantung keadaan dan kebutuhan penderita. Berbeda dgn misalnya kita hanya menjual barang, harga sdh bisa kita tentukan langsung berapa.
      Setiap operasi pastilah ada resikonya, tetapi angkanya sangat kecil. Resikonya bermacam2 misalnya infeksi, emboli, deep vein thrombosis, perdarahan, kelumpuhan, stroke, serangan jantung,resiko anestesi, resiko operative technique, bahkan kematian.

      Kalau hasil operasinya baik biasanya bertahan 15 tahun tergantung pemakaiannya

      Semoga bermanfaat...
      Dr.Kurniawan, SpOT

      Hapus
  33. dear dr. kurniawan. saya ingin bertanya. mama mertua saya butuh operasi TKR, apakah ada referensi RS dengan biaya operasi lebih terjangkau? saya tanya di RS di bilangan Jak-Bar, mereka mengenakan biaya 80jt untuk operasi saja belum kamar dan obat pendukung. Jujur dari sisi keluarga, kita tidak ada biaya sebesar itu. apakah ada referensi yang bagus dan harga lebih terjangkau. apakah memang harus semahal itu di jakarta? karena saya dapat info di Malaysia lebih murah dan langsung 2 kaki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sdr Robby Lie sudah mampir di blog ini,
      Informasi terakhir yg saya dapatkan, di RS Malaysia seperti Island Hospital, Adventist, Lam Wah EE, dll, operasi TKR 1 kaki berkisar 15.0000 s/d 20.000RM, tergantung RS dan jenis kamar inap pasien juga. dengan nilai kurs RM yg tinggi saat ini, tidak lebih murah, malah dengan tiket pesawat, biaya penginapan, dll, jatuh nya justru lebih mahal. Yg bisa lebih murah, kalau Anda punya akses ke RS pemerintah di M'sia, seperti RS Militer. tapi kan, itu dengan subsidi dari pemerintah mereka, jd tak bisa jadi patokan, karena tidak setiap orang bisa punya akses ke RS pemerintah di M'sia.

      Lalu, Dr. Kurniawan juga sudah menjawab pertanyaan Anda, tolong di cek reply dari Dr. Kurniawan, beliau ada memberikan harga operasi di Medan sini dan alasan kenapa bisa berbeda dari harga operasi di Jkt.

      Hapus
  34. Biaya di Medan sekitar 50-55juta sdh all in dgn kamar dan obat standar (antibiotik,anti nyeri & obat lambung) selama 5 hari perawatan tanpa mengurangi mutu implant dan pelayanan. Memang harga operasi TKR sangatlah mahal, tetapi itu merupakan kebijakan RS dan dokter setempat. Di Indonesia juga bisa dilakukan operasi 2 lutut sekaligus dan sdh pasti lebih murah apabila dibandingkan dgn operasi 2 kali utk 2 lutut. Hal ini sangatlah selektif sekali, hanya dilakukan bagi penderita yang keadaan kesehatannya memungkin utk dilakukan operasi 2lutut sekaligus yg membutuhkan waktu operasi yang lebih lama dgn perdarahan yg lebih banyak.
    Di Malaysia memang lebih murah dari Jakarta tetapi akan lebih sulit utk follow up dan apabila dihitungkan secara total juga hanya berbeda sedikit saja sehingga tdk ada artinya.
    Ada juga yg berasal dari Bekasi tetapi operasinya dilakukan di Medan dgn harga yg sangat membantu dengan hasil yg sangat memuaskan. Perlu juga dipertimbangkan...
    Semoga infonya dapat membantu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Dr. Kurniawan, thanks atas jawabannya. jika operasi di Medan, apakah dokter ada referensi atau kenalan? lalu biasanya setelah operasi apakah butuh balik lagi kesana dok?

      Hapus
    2. Dear Dr. Kurniawan, sori saya baru baca profile dokter, ternyata dokter base nya di Medan ya. mengenai biaya 55jt itu, di RS mana ya dok? sya liat dokter praktek di bbrp RS ya. btw thank you bgt atas info dr dokter, saya coba bicarakan dengan mama saya. kebetulan kami memang sedang mengumpulkan biaya. terima kasih ya dok. Tuhan berkati..

      Hapus
    3. Buat Robby Lie,
      Harga operasi TKR untuk satu lutut Rp.50-55 juta di RS. DELI Medan dan langsung ditangani oleh saya sendiri.
      Terima kasih.

      Hapus
  35. Mohon jawabannya dok. lateral meniscus saya berkemungkin robek karena saya kalo jongkok suka sakit. Kalo dioprasi diganti sendinya kira kira biayanya berapa yaa?
    Terimakasih

    BalasHapus
  36. yth Dr Kurniawan,
    papa saya lutut kanannya sdh tdk ada tulang rawan, jadi suka hilang power. saat ini beliau (akhirnya) minta untuk dioperasi, referensi dokter untuk operasi lutut spt itu di RS Siaga psr Minggu dgn dokter siapakah??
    atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

    wienna
    rio_wn@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sis Wienna sudah mampir di blog ini,

      RS Siaga Pasar MInggu adanya di Jakarta bukan? Tempat praktek Dr. Kurniawan in ada di Kota Medan, yg Anda Maksud mungkin Dr. Kurniawan yg lain.

      Hapus
  37. dr saya ingin bertanya, ibu saya lututnya sakit dok dan pernah berobat ke solo dan disarankan untuk operasi tkr, ketika di solo kami diberi tau bahwa biaya operasi saja 80 jt per kaki, kami ingin membawa ibu kami ke malang utk berobat ke malang krn lebih dekat dr rumah kami dibanding harus ke solo, kalau di malang dr yg dpt direkomendasikan utk operasi tkr siapa ya dok? Kami direkomendasikan teman kami utk berobat ke Prof. Dr. dr. Mohamad hidayat Sp.B Sp.OT, apakah prof.hidayat bagus dok? Mohon sarannya ya dok..

    BalasHapus
  38. Alamatnya dimedan dimana mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alamat lengkap kan sudah tercantum di blog ini, pada artikel http://drkurniawanspot.blogspot.com/2012/03/dr-kurniawan-spot_23.html

      Hapus
  39. Pagi mba..adik saya usia 22th saat ini menderita sakit pd sendi lutut 2th.saat itu d
    bawa berobat ke RS.stroke oleh dokter disana disuntik ktanya adik saya kena radang otot.sudah bbrp kali berobat dsna tiap
    kambuh disuntik.krn msh sering kambuh akhirnya pindah ke dr syaraf,diagnosa dr adik saya kelebihan cairan otot & hrs disedot.lmyn bnyk yg disedot,stlh disedot disuruh pake ankle. Stlh bbrp kali kesana tdk sembuh malah terasa makin parah krn mulai sering kambuh setiap hari maka saya sarankan utk ke dr bedah orthopedy.oleh dr ortho adik saya dirontgen & test darah.dihasil rontgen tertulis sesuai gmbrn OA pd geni dextra & hsl test darah CRP positif.diagnosa dr ortho synovitis genu dextra & hrs arthroscopy.dokterny blg ada 2 kmgknan,klo hny synovitis bs dibersihkan saat arthroscopy & bs sembuh sgra tp jk ada kmgknan lain maka proses sembuh agak lama.saya tdk tau kmgknan lain yg dmksd krn yg bawa adik ke dokter ortu saya & beliau lupa krn sudah panik duluan.Prtnyaan saya apa itu synovitis genu
    dextra?bahayakah & apa perlu tindakan sgra?apa tdk ada alternatif lain selain arthroscopy?apa dgn arthroscopy bs sembuh?krn ortu saya mulai trauma sudah berobat ke bbrp spesialis nmn blm ada penyembuhan yg tuntas.apakah yg dmksd kmgkn lain oleh dokter itu OA?jk OA apa hrs ganti sendi lutut?brpkah biaya utk arthroscopy saja & biaya ganti sendi lutut utk wil.padang & jakarta? Adik saya tinggal di padang ada rencana mau dibawa berobat ke jkt krn saya di jkt.adakah rekomendasi dokter sp bedah orthopedi utk wil.padang & jkt?saat ini adik saya ditangani oleh dr.rony sp bedah orthopedy praktek di RS.citra-bmc padang. Saya mohon sekali jwbnnya mba..terimakasih sblmnya mba..(muji noviani)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru menjawab pertanyaan anda. Yang anda maksudkan mungkin cairan sendi lutut, bukan cairan otot. Anda sudah benar berobat ke dokter orthopaedi, hanya saja belum tuntas pemeriksaannya sehingga diagnosanya belum bisa ditegakkan. Usia 22 tahun sudah menderita Osteoarthritis (OA), tentunya bukan OA Primer melainkan OA sekunder yang disebabkan penyakit sendi lain seperti Asam urat yg tinggi (Gouty Arthritis), akibat trauma / patah tulang yang mengenai sendi, Rheumatoid Arthritis (RA) ataupun penyakit radang sendi yang lain. Saya anjurkan untuk berobat ke dokter orthopaedi kembali untuk pemeriksaan tambahan lainnya. Belum tentu dilakukan operasi arthoscopy dulu karena masih perlu pemeriksaan laboratorium darah dan lain sebagainya. Terima kasih...

      Hapus
  40. Dokter,saya mau tanya. Ibu saya mengalami pengapuran sendi sudah sekitar 4tahun. dan kurang lebih 6bln terakhir kalau dipakai untuk sholat harus duduk, karena tidak kuat berdiri agak lama. Setelah periksa disarankan untuk operasi sebagai satu2 nya jalan keluar upaya penyembuhan. pengapuran sendi ibbu saya sudah stadium 4. Yang mau saya tanyakan, berapa kisaran biaya untuk operasi penggantian sendi dok? terimakasih

    BalasHapus
  41. Dok,kalau bahu sering kumat seakan akan seperti bergeser itu penyakit apa ya?
    sering kumat klo maen futsal giti....
    Kmren di ronsen tulang nya bagus kok....kira2 itu sakit apa dok??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf Bp. Purba. Sulit untuk memberi jawabannya karena diperlukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan lainnya. Sepertinya anda mengalami shoulder instability. Apakah dulu pernah mengalami shoulder joint dislocation (sendi bahu lepas/lari)? Terima kasih.

      Hapus
  42. dok sy ingin bertanya
    sy sisy (24th) , sejak SMP ketika saya berolahraga mis: lari, lompat, dll. lutut saya mudah bergeser lalu seketika saya pasti terjatuh karena lutut sy bergeser. Setelah beberapa saat , lutut saya kembali ke posisi normal sendiri dan saya bisa berdiri namun agak nyeri. Hal ini terus berulang sampai sekarang. Tak jarang ketika saya berjalan pun, sy bisa terjatuh akibat lutut saya bergerak..

    apa pengobatan atau tindakan yang bisa menyembuhkan lutut saya dok? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari ungkapan keluhan anda, anda mengalami Habitual Patela Dislocation / Patella Instability yang disebabkan oleh robeknya Medial Patella Femoral Ligament (MPFL). Perlu pemeriksaan lebih lanjut lagi ke dokter Sports Medicine untuk memastikannya. Apabila memang benar adanya robekan MPFL harus dilakukan operasi rekonstruksi MPFL apalagi anda sdh sering mengeluhkan nyeri yg berarti tulang rawan (cartilage) patellanya sdh mulai rusak (CHODROMALACIA PATELLA) bahkan sendi lututnya sdh mulai mengalami SECONDARY OSTEOARTHRITIS. Terima kasih...

      Hapus
  43. Good morning

    Can I ask you a question?
    How much is the price for a THR?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi there, thank you for reading my blog, and sorry for the very late reply

      Unfortunetely we couldnt give u the exact price for THR, coz it depend on many factors, like on which hospital u choose to be operated, which class of patient room, is there any other health problem with the patient or not ( if any health problem that need to be fixed before operation, the cost would be added), if u have health care program or not.

      but overall, usually THR for single leg is around 80 to 90 millions rupiah, for economic class patient-room

      Hapus
    2. a lil bit correction, THR for single leg is around 65 million rupiahs for economic class. but be preraped for additional cost, could be around 10 millions rupiah

      Hapus
  44. biaya pada umum nya berapa kira2 dokter?

    BalasHapus
  45. sekitar 55 s/d 62 juta rupiah per kaki, sesuai jawaban dr Kurniawan untuk pembaca lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi jika kita sudah melaksanakan operasi,apakah kita bisa normal dan beraktivitas kembali seperti sebelum nya?

      Hapus
    2. Silahkan baca kembali artikel blognya, di sana disebutkan bahwa cuma ada pantangan seperti olahraga high impact ataupun kegiatan yg memberikan tekanan berlebihan pada lutut. Bagaimanapun, sendi buatan tidak bisa sesempurna ciptaan Tuhan. Tetapi kegiatan normal seperti berjalan/berlari/naik tangga tanpa bantuan tongkat dan tanpa rasa sakit dapat dilakukan setelah pemulihan total pasca operasi, biasanya setelah 2 atau 3 bulan.

      Hapus
  46. Dokter yang bagus di aceh untuk operasi TKR, Siapa ya... ???

    BalasHapus
  47. Setelah THR, berapa tahun sendi buatan nya bisa bertahan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir di blog ini,
      umum nya sendi buatan adalah untuk masa pakai antara 10 s/d 15 tahun, untuk aktifitas normal, tidak berlebihan dan bukan buat berat badan berlebihan, misalnya 100kg. jadi misalnya buat atlet angkat besi atau atau marathon/pelari, atau olahraga yg memberikan tekanan berlebihan pada lutut, dapat mengurangi masa pakai sendi lutu buatan ini.

      Hapus
  48. yuk yg perlu fisioterapi terutama kondisi musculosceletal dan juga sport injury bisa ke klinik PHYSIOPRENEUR ada di jakarta, bandung, surabaya, malang
    hubungi 085697124125
    LINE : physiopreneur
    Twitter : @physiopreneur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jauh amat. ada kok klinik fisioterapi di dekat RS Methodist, juga RS Columbia Asia jg punya divisi fisioterapi yg cukup bagus.

      Hapus
  49. Siang, saya mau Tanya kalau sendi kedua lutut dan pergelangan kaki sakit itu kenapa ya? Sy umur 28 th, sblmnya sendi lutut sy bengkak sblh Kiri lalu pindah sblh kanan Dan pergelangan kaki. Lalu masuk rs kata dokter RA..sy di rs 22 hari sejak bln oktober 2014. Sampai sekarang sendi saya masih sakit aplg kalau untuk jalan TDK spt biasanya lagi. Saya bingung kenapa tidak kunjung sembuh krn sdh diterapi. Kdg jika nyeri tekan panas dan sakit seperti memar di dlm tulang. Apakah boleh di fisioterapi? Dan bgmn spy sendi tdk kambuh2 lg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sis Christy, itu sudah di jawab oleh Dr. Kurniawan, di komentar berikut, silahkan kunjungi blog lagi buat membaca nya, terima kasih

      Hapus
  50. Buat Christy Ang,

    Perlu diperiksa lebih lanjut laboratorium dan x-ray. Memang mengarah ke RA. Sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter dan mendapat pengobatan yang sesuai dan maksimal.

    Thanks,
    Dr. Kurniawan,SpOT

    BalasHapus
  51. Dok umur saya 33 thun..saya hrus oprasi penggantian lutut krna tabrakan 5 tahun lalu..biaya yg d tawarkan 105 juta s rumah sakit tulang d bandung.ko mahal ya dok? Saya ragu apa setelah operasi saya lebih baik Dan masa waktu lutut buatan maksimal 20 thn itu membuat saya ngeri. Apa lutut akan bisa dilipat normal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdr Rusdaya,
      Saya akan coba jawab pertanyaan Anda karena kebetulan saya bisa, dan nunggu dr Kurniawan pasti kelamaan.

      Pertama, 105 juta untuk operasi TKR 1 lutut itu mahal banget, bahkan buat ukuran operasi di RS terbaik di malaysia. di medan sini sekitar 60 sampai 70 juta sudah bisa, dengan kamar kelas ekonomi.

      Kedua, semua implan memang daya tahannya cuma sekitar 15 sampai 20 tahun, dimanapun Anda operasi. jadi anda lebih baik fokus buat cari dr ortopedi yg bagus dengan harga yg terjangkau.

      demikian semoga info ini membantu, terima kasih sudah mampir di blog ku

      Hapus
  52. Mohon info jk di balikpapan sebaiknya dgn dr ot siapa yah untuk pengantian sendi lutut.. dan kira2 biaya nya berapa ya ... traksih banyak atas bantuannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan bisakah dgn dr kurnia kami pakai bpjs ??

      Hapus
    2. Oooup mgkin bpjs tidak bisa yah.. krn lain daerah.. sy di balikpapan .. jk kami pakai kelas 1 brp kira2 biaya ya .. trimaksih

      Hapus
    3. sdr Chandra,
      Terima kasih sudah mampir di blogku.
      Soal BPJS, kamu sebaiknya tanya BPJS nya, dokter/rumah sakit tidak mengurus soal BPJS, mereka mengoperasi setelah daftar dan bayar deposito.

      Soal dr ortopedi di balikpapan saya tak bisa memberikan referensi karena tiap daerah berbeda. coba anda google saja.

      soal biaya, buat di Medan, kalau kelas ekonomi, operasi TKR/penggantian lutut 1 kaki sekitar 60 s/d 70 jutaan. kelas diatas ekonomi, mungkin harganya bisa 2x lipat. lalu, tiap daerah di indonesia mungkin punya patokan harga yg berbeda, karena pendapatan per kapita tiap daerah mungkin berbeda. yg jelas harga di Medan sini lebih bersaing, karena bukan rahasia lagi kalau RS di Medan harus bersaing dengan RS di Malaysia. jadi kamu mungkin mendapati harga operasi rata2 di daerah lain mungkin lebih mahal dari medan.

      Semoga info ini membantu.

      Hapus
  53. Trimaksih .. infonya sangat membantu.. jk sy akan mengajak ibu sy ke dr kurniawan dri balikpapan apa yg harus sy persiapkan dan bila jd implan tkr apakah kami akan menunggu lg untuk menjalani operasinya ...? Trimaksih bnyk bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membawa Ibu Anda untuk di operasi bisa jadi 1 pilihan jika harga operasi di tempat Anda jauh lebih tinggi dari Medan. Tetapi jika selisih harganya tak jauh, dan kompetensi dokter nya sama bagusnya, tentu lebih nyaman berobat di daerah Anda sendiri. Ongkos tiket pesawat, penginapan, biaya2 lain, belum lagi kontrol pasca operasi harus jadi pertimbangan juga.

      saranku, cari dulu informasi dr orthopedi di kota Anda, siapkan data, termasuk foto x-ray kaki Ibu Anda, konsultasilah dengan dokter tersebut, tanya tentang harga total (termasuk biaya inap dll sampai keluar dr RS setelah operasi), persentase keberhasilan operasi, dan tanya juga, sudah berapa kali menangani operasi sejenis yg sukses. dokter yg baik tidak keberatan menjawab hal ini, apalagi jika anda sudah siap dengan data dan menguasai bahan.

      Dan Jika Anda sudah mencoba hal tersebut di atas dan menganggap lebih baik mencari Dr Kurniawan, kamu bisa menghubungi beliau dengan meng-email data ibu anda beserta hasil rontgen terakhir ke email dr Kurniawan di kuri_puri@yahoo.com dan jangan lupa CC ke saya esteelin27@gmail.com supaya saya bisa membantu anda mengingatkan tentang email Anda ke dr Kur

      Hapus
  54. Dear Doktok Kurniawan,

    Saya Santo umur 20 tahun. Saya mengalami cedera lutut saat saya bermain futsal. kronologi saat bermain futsal, tim lawan melakukan shoot dan di tepis oleh kiper saya,posisi bola melambung di atas saya, saya berniat untuk blocking posisi pemain lawan untuk merebut bola itu, saat saya sudah melakukan kuda kuda untuk memblock, kaki pemain lawan itu berniat untuk menendang bola tetapi yang terkena lutut kanan saya. lutut saya terkena tendangan lawan dari samping tidak dari depan. dan setelah terkena saya langsung jatuh kesakitan. sudah jalan 4 bulan ini masih merasakan nyeri dan sakit di bagian lutut. Saya pernah mengalami sobek bantalan meniscus saat bermain futsal. apakah cedera saya yang sekarang sama ? dan latihan apa yang saya harus lakukan untuk menghilangkan rasa sakit ini dok ? saya sudah rindu bermain futsal dok. oia dan bila saya jogging atau sepedahan dan bangun dari jongkok ataupun mau jongkok masih merasakan nyeri dan sakit.

    Mohon di balas dok.

    Terima Kasih.

    Salam,
    Santo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sdr Santo sudah mampir di blogku,
      Berhubung Dr. Kurniawan jarang punya waktu untuk menjawab pertanyaan pembaca, saya usahakan menjawab pertanyaan Anda.

      Menurutku, dengan konsultasi hanya berdasarkan penjelasan tentang kronologi kejadian, seorang dokter akan sulit mendiagnosa cedera yang di alami pasien. Saya sarankan kamu untuk berkonsultasi pada seorang dokter orthopedi, diperiksa dan sinar-X. demikian lebih akurat. Karena bagaimanapun cedera lutut bukan hal sepele. kalau tidak ditangani dengan benar, takutnya cedera lutut kamu menjadi lebih parah.

      Lagian, kalau cuma cedera ringan, kan tidak perlu operasi, sang dokter mungkin bisa memberi solusi lain.

      Hapus
    2. Buat Santo,

      Kemungkinan cedera yang bisa dialami anda adalah cedera Meniscus, Anterior Cruciate Ligament (ACL), Medial Collateral Ligament (MCL), Lateral Cruciate Ligament (LCL), Posterior Cruciate Ligament (PCL) dan Cartilage.
      Seharusnya anda periksakan diri ke dokter dan dilakukan x-ray bila perlu MRI untuk memastikan cedera apa yang terjadi. Setelah itu baru bisa ditentukan jalan keluarnya yang terbaik.

      Thanks
      Dr.Kurniawan,SpOT

      Hapus

  55. Terima Kasih... Blog ini sangat-sangat membantu saya
    Usia saya 39th...Setahun lalu saya kecelakaat dan menurut informsinya sy patah di tulang kering (sangat Menyesal) dri kecelakaan s/d penyembuhan saya ditangani dukun patah tulang. sekarang saya mengalami nyeri, terutama jika duduk terlalu lama lalu berdiri, kaki yg patah tidak mampu menopang berat badan sy yg 90kg. Saya mampu berjalan tpi dengan menahan rasa nyeri dan yang paling "menakutkan" berjalannya tidak normal (klo bhs betawinya pengkor/seperti tinggi sebelah). Baru2 ini sy konsultasi ke dokter orthopaedi, menurut hasil ronsen tulang lutut bagian bawah sya remuk dan proses penyembuhannya tulang tidak pada posisinya, saran dokter, sy harus menjalani operasi mengganti tulang sy yang rusak dengan alat bantu (mungkin THR).
    Mohon maaf saya bukan membanding2kan tpi sy mencari informasi yang lebih. Saya mengirimkan hasil ronsen melalui email Dr. Kurniawan cc Ibu Esteelin dan "saya mohon"agar dapat dianalisa hasil ronsen tersebut.
    Pertanyaan saya:
    1. Setelah dilihat dari hasil ronsen tersebut apakah ada cara lain selain operasi.
    2. Jika Memang harus operasi bisakah tulang2 yg tidak pada tempatnya tadi direposisi ulang agar tidak ada jangka waktu 10 s/d 15 th jika menggunakan alat bantu yang harus diganti.
    3. Jika memang harus diganti dengan alat bantu dan durasi pemakannya misal sudah 10 s/d 15th apakah harus diganti dan dioperasi ulang???
    Terima Kasih Banyak Dokter Kurniawan

    kuri_puri@yahoo.com dan esteelin27@gmail.com

    BalasHapus
  56. Pagi Mba, Saya Dewi tgl 24 Oktober 2015 kemarin saya terjatuh dan terpeleset dikapal jadi tulang fibula saya patah dan di dekat mata kaki patah, saya sudah coba pengobatan traditional sin she selama 1,5 bulan dan setelah saya rontgen masih kondisi patah. kemarin saya tidak oprasi karna saya takut akan terjadi cacat selamanya. mohon sarannya apa yang harus saya lakukan, karena sampai saat ini saya menggunakan tongkat dan ketika kaki diletak kebawah atau posisi seperti jalan sakit seperti ada yg nyucuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir di blogku mba Dewi.

      Pertama, pada prinsipnya, tulang yg patah bisa nyambung lagi kalau posisinya diletakkan kembali pada tempatnya, dan dengan kondisi yg memungkinkan, dimana sang pasien tidak kekurangan kalsium. Jadi, berdasarkan prinsip ini, berobat ke shin she tak salah. Dan butuh waktu antara 3 hingga 4 bulan buat tulang yg patah buat nyambung lagi dalam keadaan normal.

      Masalahnya, apakah shin she tersebut sudah meletakkan tulang yg patah pada tempatnya hingga bisa sembuh/nyambung lagi?

      Saranku, konsultasilah ke dr orthopedi, bawa hasil rontgen terakhir. Kan tak harus operasi di dr orthopedi, boleh konsultasi dan tanya2 saja, ceritakan saja alasan Anda pada sang dokter, apakah masalah biaya, dll. Dokter yg baik akan memahami dan memberi solusi terbaik.

      Lalu, seharusnya operasi tak menyebabkan cacat, malah membantu mengembalikan kaki Anda pada posisi semula.

      Dan patah tulang memang pasti terasa sakit, meskipun rasa sakit mungkin disebabkan oleh pergeseran tulang yg patah. Hanya dr orthopedi yg bisa menjelaskan dengan lebih baik.

      Hapus
    2. Buat Mbak Dewi,

      Mungkin anda mengalami patah tulang di kedua mata pergelangan kaki (Bimaleolar Ankle Fracture). Seharusnya dioperasi karena menyangkut sendi dan stabilitas pergelangan kaki. Tergantung juga posisi patahnya dari hasil x-raynya. 1 1/2 bulan madih belum begitu terlambat, cepatlah periksa ke dokter.

      Thanks
      Dr.Kurniawan,SpOT

      Hapus
  57. Dear dokter
    Saya mau tanya ayah saya baru saja melakukan oprasi tkr bilateral ..yang mau saya tanyakan kenapa lutut yang pertama dioprasi sendi dlam nya kaya keluar gitu saat ditekuk..apa itu normal atau trjadi dislocation..mohon jawabannya dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat Ibu Lena Gigie

      Susah untuk menjawabnya karena dibutuhkan pemeriksaan langsung.
      Kemungkinan yang mungkin terjadi adalah:
      -Implant yang dipasang terlalu ketat yang disebabkan polyethylene insertnya terlalu tebal.
      -Kurang release di soft tissue (Soft tissue balancing)
      -Apabila polyethylene yang digunakan sangat tebal mungkin diperlukan penambahan fixation screw, tergantung merek system yang dipakai.

      Terima kasih sudah mampir di blok ini.

      Hapus
  58. Pagi buk..di medan ini dimana ya ada physioterapi bagi penderita cedera acl.sy sdh mnjalani operasi acl di penang.namun otot sekitar paha trasa blm kuat dan blm sm besar dgn paha sebelah kiri.sebelum nya sy sdh prnh konsultasi lgsg dgn dr.kurniawan.dan mmg dr hasil diagnosa dr.kurniawan acl sy putus dan disarankan operasi.berhub club tmpt sy brmain basket mmbantu sy dlm biaya shingga sy di Bawa utk operasi di penang.trimah kasih buk atas perhatiannya..salam Andi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir di blog ini sdr Andi,
      Setahu saya, RS. Columbia Asia punya divisi fisioterapi yg cukup bagus

      Hapus
    2. Pak Andi Phin harus menjalani fisioterapi yang sesuai dengan jadwal yang seharusnya dianjurkan. Tergantung sudah berapa lama operasi ACL Reconstruction-nya. Untuk mengembalikan massa ototnya diperlukan waktu dan strengthening exercise. Semuanya sesuai jadwal yang ditentukan secara bertahap.

      Hapus
    3. Maaf pak Andi, apabila anda memerlukan konsultasi lebih lanjut lagi janganlah sungkan untuk bertanya di blog ini.
      Atau bisa langsung datang ke SPORTS CLINIC RS. COLUMBIA ASIA MEDAN pkl 11:00-13:00
      Terima Kasih...

      Hapus
  59. Dok. Saya mau konsultasi dan cek sendi. Berapa biaya yang harus di bayar?
    mohon jawaban, melalui email juga.
    Terima kasih

    BalasHapus
  60. rizki koeswijaya. terima kasih atas penjelasannya yg begitu jelas. sy mau tanya untuk biaya operasi nya kira kira berapa dan apakah operasi ini bisa di cover oleh bpjs? mengingat hal ini terjadi pada ayah saya dan hasil rontgen dan diagnosa dokter mengatakan bahwa jalan satu satu nya adl operasi dan obat yg sementara yg diberikan adl obat tahan nyero yg berbahaya bila dipakai secara jangka panjang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sdr Rizki sudah mampir di blog ini,
      Untuk biaya TKR per 1 kaki saat ini sekitar 65 jutaan untuk operasi di RS di kota ini, Medan, untuk kamar pasien kelas ekonomi. untuk cakupan BPJS, Anda justru harus tanyakan pada BPJS nya.

      Dan memang, mengkonsumsi obat anti nyeri jangka panjang berbahaya bagi ginjal dan liver juga.

      Hapus
  61. Mba mo nanya, ibu saya di diagnosa OA tetapi dkter bilang blum berat dan sdh skitar 2 bln diberi obat pengilang nyeri tp nyerinya tidak hilang juga . Akhirnya dkter menyarankan operasi, ttapi ada seorng pasien yg pernah dioperasi pergantian sendi bilang, klo operasinya di bandar lampung, lututnya tidak bisa menekuk lagi, jdi harus di jakarta. Apakah mmng ada perbedaan sperti itu? Dan adakah obat utk mnghilangkan rasa nyerinya, slama ini ibu saya minum arcoxia 120 1x shri tdak hilang, kmudian diganti celebrex 100 blum hilang jg nyerinya. Klo dr hasil rongentnya mmng terlihat ada tulang yg agak tajam, apa bgian itu yg mmbikin nyeri. Trimakasih atas jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir di blog ini. Mungkin saya bisa menjawab langsung pertanyaannya.
      Setelah di rontgen dokter mengatakan OA (Osteoarthritis) yang belum berat. Mungkin grade 1 ataupun grade 2. Itupun kalau foto rontgen yang dilakukan dgn posisi berdiri yang bisa dinilai. Bahkan bisa saja grade 3. Tergantung pada saat pemeriksaan penderita, apakah didapati pembengkakan sendi (adanya cairan sendi yang berlebihan). Jika demikian, lebih baik dilakukan aspirasi (disedot keluar) kemudian disuntik dengan obat anti peradangan disertai obat minum (Arcoxia/Celebrex/lainnya). Apabila diperlukan (tergantung indikasi mungkin diperlukan suntikan hyaluronic acid di kemudian hari).
      Kalau sudah grade 3 yang sdh tidak dapat diatasi dgn cara di atas barulah dianjurkan untuk operasi arthoscopic debridement ataupun TKR inipun tergantung indikasi.
      Untuk yang grade 4 hanya operasi TKR pilihan yang terbaik.
      Setelah operasi lututnya seharusnya bisa ditekuk dan nyerinya sdh dapat diatasi. Mungkin saja ada sesuatu (komplikasi) yang terjadi dan harus diperiksa lebih lanjut lagi agar dapat diatasi dan sangatlah jarang terjadi. Mudah2an dapat dipahami penjelasan yang saya berikan.
      Terima kasih sekali lagi, semoga cukup membantu.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  62. Terimakasih atas penjelasannya dok. Berarti asalkan operasi nya berjalan benar, lututnya bisa di tekuk lagi dan nyerinya hilang ya dok? Bisa dilakukan di lampung ya dok, tidak harus di jakarta.

    BalasHapus
  63. Kalau di bandar lampung ada referensi dokter siapa dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau si Bandar Lampung saya tidak tahu persis. Dapat dicek ke RS terdekat saja.

      Hapus
    2. Oke, trimaksih dkter atas jawabannya.

      Hapus
  64. 2 bulan yg lalu saya buat operasi sendi lutut tempurung patah karena di tabrak mobil alhamdulillah berjalan lancar operasinnya,sukur pd allah sekarang sudah bisa bengkok 90% ,dokter sya mau tanya berapa bulan bisa berjalan normal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tingkatkan lagi ruang gerak sendi lututnya sedikit lagi sampai seperti lutut sebelahnya. Seharusnya sdh bisa 100% sehingga dapat berjongkok dan berjalan normal. Selamat saya ucapkan semoga lekas pulih dan beraktivitas sediakala...

      Hapus
    2. Terima kasih dokter,kalau jongkok sudah bisa,cuma jalan saja yang belum,karna bengkak nya masih ada sedikit,kalau jalan ada rasa nyeri sedikit.

      Hapus
  65. blog yang bagus... mau nanya kalo pinggul belakang sering kaku dan sakit terutama pada malam hari sampai gak bisa gerak itu kenapa ya? apakah saraf terjepit? fyi, saya pernah operasi caesar ( apakah ada hubungan nya? berhubung sebelumnya ga pernah merasakan sakit) dan lama2 menjalar ke tangan sebelah kanan ngilu seperti ditusuk jarum kadang2 sampai kekepala, kaki hanya badan sebelah kanan . Terima kasih untuk perhatiannya.

    BalasHapus
  66. Nyeri pinggul atau pinggang? Hal yang berbeda. Saya anggap nyeri pinggang yang menjalar ke tungkai bawah kanan. Kemungkinan ada bulging disc ataupun herniated disc yang menekan saraf pinggang sehingga timbul nyeri dan kadang menjalar ke tungkai bawah. Tidak ada kaitannya dgn operasi caesar. Penyebabnya kemungkinan gemuk ataupun pertambahan berat badan saat hamil. Apakah pernah jatuh terduduk? Banyak faktor penyebab lain lagi.
    Periksakanlah ke dokter orthopaedi agar dapat ditelusuri lebih lanjut dan di obati.
    Mengenai menjalar ke tangan kanan, sebenarnya tidak bisa menjalar dari pinggang ke tangan karena tidak ada hubungannya. Mungkin bagian leher juga ada masalahnya.
    Terima kasih

    BalasHapus
  67. Blog yang bagus sekali, Terima kasih. Mau tanya mama saya habis operasi lutut tgl 4 Januari 2016< sekarang dalam masa pemulihan. Kondisinya mama merasa masih sering ketarik urat kakinya dan sedikit sakit disamping lututnya. Apakah ada referensi RS buat therapy pasca operasi di Jakarta. Operasi di lakukan di Malaka Malaysia, dan disana sempat therapy selama 4 hari. Terima kasih Dr Kurniawan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat Pak Kennedy Salim,

      Fisioterapi dapat dilakukan di mana saja. Apalagi di rumah sakit besar di Jakarta yang seharusnya sudah memiliki bagian Rehabilitasi Medik/Fisioterapi. Get Well Soon...

      Hapus
  68. Yth Dok Kurniawan saya baru saja foto kedua lutut saya, kata dokter saya grade 4 jalan satu2nya operasi penggantian sendi kedua lutut. Sya di Makassar dok apakah ada dokter yg bisa direkomendasikan untuk daerah Makassar dan apakah operasi untuk dua lutut tidak berisiko besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang benar penanganan OA grade 4 adalah operasi TKR adalah jalan satu2nya.
      Operasi kedua lutut sekaligus memang lebih besar resikonya dibandingkan dengan operasi satu sisi saja. Tentunya operasi TKR itu cukup aman dengan resiko yang kecil pula. Tergantung juga keadaan kesehatan penderita.
      Di Makassar boleh konsultasikan dengan Dr.Sakti,SpOT ataupun Dr.Andri Usman,SpOT.
      Terima kasih....

      Hapus
  69. Terima kasih Dok atas jawabannya

    BalasHapus
  70. Selamat malam dokter, sya mau tanya ini ibu saya sakit lutut sudah 6 bulan, pernah periksa dibanyak dokter salah satunya dokter ortopedi tpi sampai sekarang masih sakit,waktu periksa di dokter ortopedi pernah disedot lututnya sehingga keluar cairan setelah disedot, nyeri hilang tpi sementara sampai skarang sakit lagi, periksa kedoter lain dan dikasih tau cara pemeriksaan didokter ortopedi dengan disedot itu sebenarnya tidak boleh, apakah dengan disedot penyakit dilututnya makin parah?? Atau tidak berpengaruh !!gejala dari sakit lututnya kalau jalan sakit, ditekuk sakit tidak bisa lama-lama berdiri. Saya ingin minta sarannya dokter seperti apa untuk pengobatannya, apakah perlu sampai operasi dan untuk pengobatan yang bagus didaerah surabaya untuk penyakit bagian lutut dimana??
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Dimas,
      Aspirasi (penyedotan) untuk mengeluarkan cairan sendi yang berlebihan memang sudah tepat dan benar. Cairan sendi yang berlebihan pada penyakit OSTEOARTHRITIS disebabkan karena proses peradangan sendi. Cairan sendi tersebut mengandung enzym2 yang dapat mencerna tulang rawan itu sendiri sehingga dapat melunakkan tulang rawan (cartilage) dan mempermudah kerusakan lebih lanjut.
      Dengan mengeluarkan cairan sendi yang berlebih akan mengurangi tekanan/tension dalam sendi sehingga nyerinya otomatis akan berkurang dan kerusakan lebih lanjut akibat enzym2 yang ada juga dapat dicegah.
      Selain itu harus diatasi juga proses peradangannya dengan menyuntikkan obat anti peradangan (steroid) atau cairan minyak sendi (hyaluronic acid). Perlu dilakukan x-ray lutut untuk menilai derajat (grading) penyakit. Barulah kita dapat menentukan tindakan yang sesuai menurut hasil grading x-ray nya.

      Hapus
    2. Selamat malam dokter.saya berusia 49thn.sejak lama sama merasakan nyilu dikaki dan lutut berbunyi.2bln yg lslu saya merasakan nyeri dan bunyi dilutut kanan saya.yg menyebabkan saya susah berjln.menaiki tangga.saya mengkomsumsi glukosamine selama 3mg.kaki saya normal dan tidak ada mslh lg.bln lalu saya kemedan dan ronsen kedua lutut dan tulang punggung di rs colombia.menurut dokter adrian khu.punggung dan lutut baik dan tdk ada mslh.demikian jg dgn berat tubuh.tp kalau mau disuntik boleh.dan karena merasa hasil bgs.sayatdk melakukannya.tapi dr.semg yg lalu lutut kanan kembali bunyi dan kembali sakit.kdg disamping depan.kdg dibelakang lutut.berjln jg susah.apa kaki saya sdh hrs disuntik atau mau dioperasi ?tolong dokter memberikan saran yg terbaik buat saya ya dokter.terima kasih banyak.

      Hapus
    3. Terima kasih sudah mampir di blog ini.
      Tindakan yang akan dilakukan tergantung dari hasil pemeriksaan klinis dan pemeriksaan penunjang lainnya.
      Mungkin saja diperlukan penyuntikan, konsumsi obat ataupun ada kegiatan tertentu yang harus dihindari.
      Saya anjurkan untuk kontrol kembali.

      Hapus
    4. Terima kasih sudah mampir di blog ini.
      Tindakan yang akan dilakukan tergantung dari hasil pemeriksaan klinis dan pemeriksaan penunjang lainnya.
      Mungkin saja diperlukan penyuntikan, konsumsi obat ataupun ada kegiatan tertentu yang harus dihindari.
      Saya anjurkan untuk kontrol kembali.

      Hapus
  71. Dok, mnurut dkter tulang dsini, bila obat tidak mempan maka tahap selanjutnya utk mngobati pngapuran di lutut ibu saya adalah dengan di suntik. Karna stelah mkan obat lututnya masih sakit,ibu saya mungkin di suntik. Yg ingin saya tanyakan, biasanya obat apakah yg disuntikan dan berapa biayanya. Ibu saya OA grade 2. Trimksih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang benar mbak Fatma, kalau sudah dgn obat tidak mempan maka perlu disuntik. Obat yang disuntik mungkin steroid ataupun hyaluronic acid. Harganya bervariatif tergantung obat yang dipakai.
      Terima kasih.

      Hapus
    2. Memang benar mbak Fatma, kalau sudah dgn obat tidak mempan maka perlu disuntik. Obat yang disuntik mungkin steroid ataupun hyaluronic acid. Harganya bervariatif tergantung obat yang dipakai.
      Terima kasih.

      Hapus
  72. Selamat siang dr.kurniawan, saya dari jakarta ingin tanya untuk ayah saya dengkul nya di anjurkan untuk operasi pergantian sendi lutut dari RS.Mitra Kemayoran Jakarta, namun lupa untuk menanyakan apakah ayah saya ada diabetes kering bisa melakukan operasi tersebut ?

    Kemudian menurut dr.kurniawan, apakah Spesialis dan Operasi untuk di RS.Mitra Kemayoran bagus untuk proses tersebut ? karena Biaya yang di keluarkan juga akan lumayan banyak.

    Mohon bantuannya dok.
    Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam pak Dhoedo,
      Usia Bapak anda?
      Sebaiknya sebelum dioperasi dilakukan pemeriksaan lengkap untuk mengetahui tinggi tidaknya resiko yang akan terjadi. Dan semua itu tergantung penilaian dokter yang bersangkutan. Pada masa sekarang ini, operasi TKR sudah banyak dilakukan di Indonesia dengan hasil yang memuaskan. Jadi percayakan saja ke dokter anda apabila menurut anda atau kerabat anda dokter tersebut mempunyai kompetensi untuk itu. Harga sangatlah bervariasi. Kalau di Medan sekarang sekitar Rp.75jutaan.
      Terima kasih

      Hapus
  73. Saya tinggal sekitar 200 km dari kota medan. sudah menjalani operasi TKR 1 bulan yg lalu utk kaki sebelah kanan. Di salah satu RS di Medan. Setelah menjalani Operasi sy pulang kampung, dan di RS kota sy tidak ada Psioterapi. Sy tak mendapat petunjuk yg jelas ttg apa yg harus saya lakukan sekarang. Setelah sebulan ini kaki saya masih belum bisa bengkok. Berjalan dgn 2 tongkat. Mohon petunjuk dokter langkah2 apa yg harus saya lakukan untuk latihan berjalan. Karena keterbatasan sy tak bisa berulang2 ke Medan, utk menjalani terapi. Mohon petunjuk dokter apa yg harus saya lakukan utk latihan sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam pak Sitorus,
      Seharusnya bapak kontrol kembali dan dilakukan fisioterapi dulu sementara di Medan. Karena perlu diperiksa ulang kembali untuk hasil yang maksimal.
      Setelah beberapa kali fisioterapi nanti akan diajarkan bagaimana latihan di rumah tergantung perkembangannya bagaimana. Di tempat bapak tidak ada yang tau mengenai operasi ini. Jadi saya sarankan untuk kontrol kembali karena nampaknya perkembangan hasil operasinya sangat lambat. Jangan terlambat lagi karena semakin lama dibiarkan akan semakin sulit diatasi. Sayang kalau operasi ini sudah dilakukan tetapi dibiarkan begitu saja dengan lutut yang tidak bisa dibengkokkan.
      Terima kasih...

      Hapus
  74. mau tanya biaya TKR brp ya? gibranaldi5758@gmail.com
    untuk dua lutut brp?
    untuk satu lutut brp?
    terimakasih informasinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya satu lutut kurang lebih Rp.75 juta sedangkan 2 lutut 130 juta.
      Harga tersebut sudah total sampai keluar rumah sakit dan hanya tafsiran saja karena bervariatif / fleksibel.

      Hapus
  75. Dr. Kurniawan saya mau bertanya. Tentang ibu sy usia 65th. Mengalami nyeri pada pinggul dan mejalar ke paha kanan sampai betis dan telapak kanan.
    Sudah di rontgen dengan hasil sbb :
    Radiografi vertebrata lumbal dlm proyeksi AP bilateral :
    Deskripsi :
    Kedudukan dan kelengkungan vertebrata masih baik. Tak tampak listhesis.
    Densitas tulang menurun.
    Formasi osteofit pada aspek anterolateral corpus vertebrata L2-L5 dengan osteofit prominen di L3-4.
    Celah diskus intervebralis L4-5 dan L5-S1 menyempit.
    Sendi facet tak tampak kelainan.
    Jaringan lunak paravertebrata tidak menebal.
    Kesimpulan :
    Spondyloarthorsis lumbal
    Osteoporosis

    Jg ada lagi hasil rogten :
    OA pelvis
    Osteoarthrosis genu grade 1 bilateral (kellgren-lawrence).

    Sekarang keluhan ibu saya :setiap malam tidak bisa tidur karena paha dan panggul nyeri.
    Bahkan sekarang di pagi dan siang hari juga nyeri.
    Tidak bisa aktifitas apapun. Apalg jongkok.

    Saya sudah mengajak ke bbrp dokter di jakarta. Hingga ibu saya bosan dan nyerah.
    Karena setiap minum obat tulang langsung lambung kambuh.
    Krn ibu punya riwayat maag akut.

    Jadi selalu pindah dokter karena belum menemukan dokter Sp.OT yg tepat.
    Dari dokter yg biaya murah hingga mahal,tidak ada sedikit lebih baik kondisinya.
    Sudah menyarankan fisioterapi,tetapi hasil jg sama saja ( tidak ada perbaikan).
    Kami yang membawa konsul ke bbrp dokter jg ingin menyerah.
    Bahkan bbrp dokter yg elite tidak memandang kami yg org biasa ini berobat. Dokter tdk mau byk bicara, hanya cek lalu ksh resep (padahal sdh sy beritahu, ibu tdk bs minum obat tulang krn ada maag akut) tetap saja di beri obat yg ringan kata dokter tsb.
    Sy coba berikan dan akhirnya ibu kena lambung yg di mana sy harus bw ibu ke internis dan berobat lg.
    Akhirnya penyakit bukan hilang malah bertambah 1 lagi.
    Ibu sudah bosan tiap hari minum obat.

    Mohon bantu saran dari dokter, apa yg harus sy lakukan.
    Sy ingin ibu sembuh dan bisa spt dulu.
    Sekarang ibu sering stress dan marah2 karena tulang sakit dan berakhir jd kena lambung.

    Terima kasih banyak.
    Fera1234@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fera, apakah ibu anda sudah dilakukan pemeriksaan MRI lumbal?

      Hapus
  76. Dr.kurniawan saya mau bertanya,
    ibu saya mengalami pembengkakan di sendi lutut kiri,setelah di lakukan pemeriksaan di rs siloam purwakarta ternyata harus dilakukan operasi TKR,tapi di rs silioam-purwakarta tersebut tidak bisa melakukan operasi karena keterbatasan alat.Saya berada di kota karawang,mohon referensi rs mana serta dokter yg bisa melakukan operasi TKR yang dekat dengan kota kami,serta kisaran berapa biayanya untuk operasi TKR 1 lutut.
    sebelumnya saya haturkan terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mohon maaf sebelumnya karena saya tidak tahu persis di rumah sakit mana dan dokter yang bisa melayani operasi tkr yang dekat dgn kota karawang. Mungkin boleh ditanyakan ke dokter orthopaedi yang ada di kota anda.
      Terima kasih...

      Hapus
  77. Dr.kurniawan saya mau bertanya,
    ibu saya mengalami pembengkakan di sendi lutut kiri,setelah di lakukan pemeriksaan di rs siloam purwakarta ternyata harus dilakukan operasi TKR,tapi di rs silioam-purwakarta tersebut tidak bisa melakukan operasi karena keterbatasan alat.Saya berada di kota karawang,mohon referensi rs mana serta dokter yg bisa melakukan operasi TKR yang dekat dengan kota kami,serta kisaran berapa biayanya untuk operasi TKR 1 lutut.
    sebelumnya saya haturkan terima kasih..

    BalasHapus
  78. Dr.kurniawan saya mau bertanya,
    ibu saya (60 th)mengalami pembengkakan di sendi lutut kiri,setelah di lakukan pemeriksaan di rs siloam purwakarta ternyata harus dilakukan operasi TKR,tapi di rs silioam-purwakarta tersebut tidak bisa melakukan operasi karena keterbatasan alat.Saya berada di kota karawang,mohon referensi rs mana serta dokter yg bisa melakukan operasi TKR yang dekat dengan kota kami,serta kisaran berapa biayanya untuk operasi TKR 1 lutut.
    sebelumnya saya haturkan terima kasih..

    BalasHapus
  79. dok maaf mau nanyak tunangan saya hbis kecelakaan 1bulan yang lalu tempurung pecah dan sudah di operasi dan skrng sudah bisa nekuk dan jalan tampa tongkat tapi jalan nya pincang yang saya tanyakan apakah masih bisa jalan normal atau tetap pincang ya dok...Seblum nya sya terima kasih bnyak dok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tempurung yang pecah mungkin yang dimaksudkan fraktur patella. Sudah dioperasi 1 bulan yang lalu, sudah dapat berjalan tanpa tongkat dan sdh bisa ditekuk maksimal. Jalannya hanya pincang, itu mungkin disebabkan karena cara berjalannya yang tidak benar. Perlu fisioterapi untuk memperbaikinya. Misalnya tempurung kanan yang dioperasi, maka saat berjalan, kaki kanan harus ditapakkan secara penuh dan kaki kiri mengayun ke depan dengan irama yang sama dengan kaki kanan. Jangan diayunkan ke depan secara cepat sehingga akan nampak seperti pincang. Terima kasih.

      Hapus
  80. Asslamualiakum pak dokter. Ibu saya OA grade 4 dlutut kiri dan akan menjalankan operasi tkr tgl 29 bln ini klu jadi di Rs ibnu sina Pekanbaru oleh Dr.Khairudin Lubis..yg di rujuk oleh Dr.Hanip dari Rsud Dumai. RIAU.. ibu saya berat 80kg. Kata dokter Khairudin yg akan mengoerasi ibu saya. Dy akan di bantu oleh team dari jakarta... yg ingin saya tanyakan. Team yg di aksud beliau tsb apakah dokter jg? Mohon bls ke email saya y dok. ariefmhds@gmail.com. mgkn akan byk pertanyaan saya k pak dokter paska sesudah operasi.. karena tempat tgl saya jauh dari rs tsb...terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Team yang dimaksud biasanya 1 orang yang bekerja di perusahaan implant merek tertentu. Orang tersebut yang membawa instrument operasi yang sesuai dgn implant yang akan dipakai dan akan membantu pada saat operasi. Karena orang tersebut yang lebih tau serta bertanggung jawab akan kelengkapan alat instrument yang dipakai dan step2 operasi, juga bertanggung jawab akan kelengkapan ukuran implant. Karena setiap merek implant akan selalu berbeda cara pemasangannya. Memang seharusnya begitu, selalu harus ada orang perusahaan implant yang mengikuti operasinya supaya berjalan lancar. Orang tersebut biasanya ex perawat yang sdh bekerja di perusahaan implant. Tapi misalnya case yang dihadapi adalah case yang extraordinary, mungkin kita perlu bantuan dokter lain yang lebih ahli di bidang case ini.
      Seharusnya anda bisa menanyakan hal ini langsung ke dokter anda karena dokter anda yang lebih tau mengenai kondisi kasus ibu anda.
      Terima kasih...

      Hapus
    2. Team yang dimaksud biasanya 1 orang yang bekerja di perusahaan implant merek tertentu. Orang tersebut yang membawa instrument operasi yang sesuai dgn implant yang akan dipakai dan akan membantu pada saat operasi. Karena orang tersebut yang lebih tau serta bertanggung jawab akan kelengkapan alat instrument yang dipakai dan step2 operasi, juga bertanggung jawab akan kelengkapan ukuran implant. Karena setiap merek implant akan selalu berbeda cara pemasangannya. Memang seharusnya begitu, selalu harus ada orang perusahaan implant yang mengikuti operasinya supaya berjalan lancar. Orang tersebut biasanya ex perawat yang sdh bekerja di perusahaan implant. Tapi misalnya case yang dihadapi adalah case yang extraordinary, mungkin kita perlu bantuan dokter lain yang lebih ahli di bidang case ini.
      Seharusnya anda bisa menanyakan hal ini langsung ke dokter anda karena dokter anda yang lebih tau mengenai kondisi kasus ibu anda.
      Terima kasih...

      Hapus
  81. Asslamualiakum pak dokter. Ibu saya OA grade 4 dlutut kiri dan akan menjalankan operasi tkr tgl 29 bln ini klu jadi di Rs ibnu sina Pekanbaru oleh Dr.Khairudin Lubis..yg di rujuk oleh Dr.Hanip dari Rsud Dumai. RIAU.. ibu saya berat 80kg. Kata dokter Khairudin yg akan mengoerasi ibu saya. Dy akan di bantu oleh team dari jakarta... yg ingin saya tanyakan. Team yg di aksud beliau tsb apakah dokter jg? Mohon bls ke email saya y dok. ariefmhds@gmail.com. mgkn akan byk pertanyaan saya k pak dokter paska sesudah operasi.. karena tempat tgl saya jauh dari rs tsb...terima kasih.

    BalasHapus
  82. Selamat siang pak dokter salam sejahtera, ayah saya berumur 54 tahun , dimana bentuk kaki ayah saya sudah berbentuk 0 akibat adanya pengapuran pada tulang sendi di lutut. Setelah dilakukan MRI maka kemudian terlihat bahwa pada kedua tulang sendi, bantalan nya sudah habis dan tulang terlihat seperti meruncing. Yang ingin saya tanyakan apakah reksiko dari operasi TKR ini besar? seberapa besar kah rasio keberhasilan dan kegagalan nya? dan apakah bila gagal maka dapat mengakibatkan pasien lumpuh? Apakah dokter memiliki refrensi apabila saya nantinya akan melakukan operasi dengan menggunakan BPJS? Apakah Operasi ini di cover oleh BPJS dok? sekedar info saya berdomisili di Jakarta Utara. Mohon bantuan pak dokter, terima kasih banyak atas info bapak.

    BalasHapus
  83. Saya mau tanya, dokter kurniawan prakteknya dimana? Saya posisi di Surabaya...kalau tdk praktek di Sueabaya, apakah saya bisa minta referensi dokter untuk pembedahan sendi lutut..terima kasih

    BalasHapus
  84. Saya prakteknya di Medan. Untuk di Surabaya saya anjurkan ke Rumah Sakit representatif yang pastinya tersedia tenaga ahli dan prasarana yang mendukung. Operasi TKR ini sudah banyak dilakukan di Indonesia dengan hasil yang memuaskan. Jadi tidak perlu ragu lagi untuk itu.

    BalasHapus
  85. Saya prakteknya di Medan. Untuk di Surabaya saya anjurkan ke Rumah Sakit representatif yang pastinya tersedia tenaga ahli dan prasarana yang mendukung. Operasi TKR ini sudah banyak dilakukan di Indonesia dengan hasil yang memuaskan. Jadi tidak perlu ragu lagi untuk itu.

    BalasHapus
  86. Salam Dr. Kurniawan, saya telah membaca blok dokter, tetapi saya belum menemukan jawaban tentang paska operasi TKR yang berbunyi kruk-kruk-kruk waktu bangun dari duduk, itu penyebabnya apa ya? Ayah saya operasi tanggal 29 Desember 2015, sehingga saya takut ketika ayah saya berjalan kaki jauh-jauh. Sekarang ayah sedang minum obat dari toko herbal, kata ayah sudah terasa enak, apakah pasien TKR memerlukan obat lain selain yang telah diresepkan dokter paska operasi. Satu lagi dokter, apakah rehab medik itu hanya dalam bentuk penyinaran saja? dan berapa kali harus dilakukan? karena waktu kita ketempat rehab medik dilakukan penyinaran dan pengujian gerak-gerak. Terima kasih atas jawabannya dokter ya

    BalasHapus
  87. Bunyi kruk-kruk yang terjadi setelah operasi TKR mungkin disebabkan oleh peradangan dan penebalan selaput sendi yang masih ada. Diperlukan obat anti peradangan dan rehabilitasi medik. Tetapi yang lebih tepat seharusnya diberikan kompres dingin,, bukan penyinaran. Latihan gerak sendi lutut bertujuan untuk meningkatkan ruang gerak sendi sehingga dapat dilipat maksimal supaya bisa jongkok.

    BalasHapus
  88. Dok saya mau tanya, ibu saya sudah menjalani operasi penggantian sendi dilutut di kaki kirinya dan bulan depan akan menjalani operasi di kaki kanannya, tetapi ibu saya terjatuh dan kaki kanan yang akan di operasi patah, apakah bisa dilakukan operasi penggantian sendi dan patah tulang secara bersamaan?

    BalasHapus
  89. Tergantung patah tulangnya di bagian tulang yang mana. Kalau dekat sendi lutut yang patah, tidak bisa dilakukan penggantian sendi lutut. Jadi harus diutamakan patah tulangnya dulu.

    BalasHapus
  90. Saya Harianto, ingin bertanya kepada dokter. Istri usia 58 tahun penderita asma kronis pasien dr. Tungguldi RS Deli, tapi sekarang domisili di Bekasi. Istri juga menderita skoliosis, tulang punggung 3,4,5 dan 9,10 bengkok. Dia juga menderita ostheoarthritis. Terutama lutut sebelah kiri terasa sakit. Pernah dibawa ke dr. Othman Siregar, tapi beliau tidak berani melakukan tindakan operasi. Beliau menyarankan ke dr. Oh Kim Soon di Penang. Dr. Oh menyarankan agar kedua tulang lutut diganti dan di panggul disuntik, nanti bisa sehat kembali sekitar 70%. Sakit dan nyeri di punggung, pinggang dan lutut akan berkurang. Tinggi badan yang menyusut 20 cm (semula 155 cm sekarang 135 cm. Pertanyaan saya, 1. apakah obat sementara yang bisa mengurangi rasa sakit di punggung, pinggang dan lutut? 2. Apakah benar pendapat dr. Oh yang menyarankan lutut harus diganti, sedangkan punggung tidak usah dioperasi (mengingat massa tulang istri hanya 11,49 dari seharusnya 30 total 25-oh vitamin D. Jujur kami tidak memiliki uang untuk melakukan penggantian lutut di penang. Pilihan kami hanya di melalui fasilitas BPJS. Kalaupun tidak melalui BPJS sekarang berapa biaya penggantian 1 tulang lutut? Terima kasih dokter. Oh ya saat ini, istri saya hanya minum obat Meloxicam atau Voltaren dan Viostin DS serta Vitamin Dcal. Kalau diperlukan saya bisa kirimkan data pemeriksaan MRI punggung dan rontgen tulang pinggang dari RS Murni Teguh dan hasil pemeriksaan dari dr. Oh Kim Soon. Alamat email saya edyharianto954@yahoo.com

    BalasHapus
  91. selamat pagi dok mau tanya saya punya temen udah 4bulan ini dia hbis di operasi bagian tempurung nya di kasih pen dan sampai saat ini belom bisa berjalan normal alias masih pincang dan masih blom bisa nekuk maksimal dok , tapi dia sampai saat ini masih ttep latihan nekuk dok,kira" brpa lama agar bisa nekuk maksimal dan berjalan normal dok? makasih dokter

    BalasHapus
  92. Selamat pagi Firda.
    Seharusnya maximal 1 bulan saja sdh bisa berjalan normal dan bisa ditekuk penuh. Saya anjurkan untuk dilakukan fisioterapi dgn menggunakan alat Continous Passive Movement (CPM) kombinasi dgn manual active maupun passive exercise. Konsultasikan kembali ke dokternya untuk masalah ini. Terima kasih.

    BalasHapus
  93. Selamat Malam Dok
    dok saya mau tanya, saya kecelakaan lalu lintas sudah 1 tahun.
    Paha saya patah dan dibawa ke alternatif, hasilnya tidak memuaskan.
    kaki saya panjang sebelah, dan lutut hanya bisa nekuk leter L aja.
    setelah satu tahun ini, apa bisa jika saya oprasi kaki agar sama panjangnya, dan untuk lutut apa bisa kembali nekuk full (apa harus oprasi atau tidak oprasi)
    mohon bantuannya dok terimakasih

    BalasHapus
  94. Dok saya mau tanya, lutut kaki kanan yang bagian kiri (sisi lutut) saya sakit dok, kenapa ya padahal saya tak rutin olagraga dan kalau olahraga paling cuma jalan biasa sama sekadar renang. Terus mata kaki kaki pada kaki kanan saya sakit juga dok (di bagian kiri juga). Kedua hal itu mengganggu sekali, terutama ketika saya berjalan. Saya sudah obati dengan krim yang biasa dibeli di apotek, ttp itu tak bertahan lama sembuhnya. Gimana ya dok ? Tolong dibalas ya dok, saya takut soalnya usia saya baru 14 tahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, harap berikan data lebih lengkap, kalau tidak, dokter takkan bisa menjawab. apakah anda kelebihan berat badan, atau malah terlalu kurus? atau apakah anda pernah mengalami cedera/kecelakaan dengan lutut anda sebelumnya? lebih baik lagi sertakan foto x-ray lutut anda jika memang pernah di rontgen.

      Hapus
    2. Benar sekali saya akan kesulitan memberi jawaban yang benar apabila tidak mendapat keterangan yang lengkap. Apakah pernah cedera di lutut dan pergelangan kaki kanannya, berat badannya, ada riwayat keluarga lainnya yang menderita rematik ataupun asam urat yang tinggi. Sangatlah banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Sebaiknya periksakanlah ke dokter spesialis orthopaedi untuk penanganan lebih lanjut. Terima kasih...

      Hapus
  95. Salam sejahtera pak dokter kurniawan. Ibu saya sudah melakukan operasi Tkr tgl 21 mei di RS.ibnu sina Pekanbaru oleh Dr. KHAIRUDIN LUBIS. Dan syukur alhamdulillah berjalan dengan lancar. Tetapi sekarang sudah berjalan 33 hari paska Operasi. Jahit nya sudah si buka dan sudah kering. Dan sudah menjalankan terapi di RS umum Dumai sebanyak 4x ( 2x seminggu) sesuai dengan saran dokter yg memeriksa ibu saya di Dumai. ( bukan dokter yg mengoperasi) setelah buka jahitan beliau menyarankan utk berhenti mengkonsumsi obat (anti biotik) dan memberi obat anti nyeri setelah terapi karena beliau blg akan nyeri setelah terapi . Tetapi dokter yg menangani operasi ( Dr.chairudin LUBIS) mengharuskan menghabiskan antibiotik yg telah diresep kan beliau. Tentu saja ibu saya tetap mengkonsumsi ny. Masalah nya: setelah menjalani terapi yg k 4x ni. Lutut bengkak dan terasa sangat nyeri dan juga kaku di bagian kiri lutut. Pada malam hari. Sampai beliau ngompol sewaktu tidur. Pertanyaan: apakah itu wajar pak dokter? Ada masalah kah? Sudah kita coba hub Dr.chairudin tengah malam tdi. Beliau menyuruh datang untuk kontrol hari senin bsk. Posisi kami di Dumai 6 jam dari Pekanbaru. bolehkah ibu saya naik travel / mobil? Apakah akan berpengaruh terhadap lutut nya? Mohon jawabannya pak dokter terima kasih.

    BalasHapus
  96. Biasanya saya memberikan antibiotik selama 10hari di rumah setelah 5 hari perawatan di rumah sakit. Kemungkinan bengkak disebabkan oleh sisa darah ataupun cairan sendi yang berlebihan akibat peradangan (inflamasi) yang masih bisa terjadi. Yang kita takutkan adalah infeksi pasca operatif. Lekaslah kontrol kembali ke dr.Chairuddin Lubis dan tidak ada masalah dgn naik mobil selama 6 jam.

    BalasHapus
  97. Salam sejahtera dokter Kurniawan. Bapak saya mempunyai pengalaman dengan operasi TKR di RS. Zainoel Abidin yg ditangani oleh dr. Safrizal Sp.OT. Setelah menjalani operasi pertama kali dengan dokter tersebut kaki bapak saya bengkak luar biasa terus di hari kelima operasi keluar nanah. Kemudian kami menanyakan perihal tersebut ke dr safrizal dan dia menjawab itu sedang proses penyembuhan. Hari ke enam bapak saya pulang dari RS. Kemudian di hari ketujuh kontrol ulang ditempat prakteknya ketika dibuka perbannya bekas operasi jahitannya terbuka dan bernanah kemudian di sedot pake spuit 10 cc keluar cairan bewarnah merah kehitaman. Dua minggu berlalu, luka tak kunjung sembuh saban hari dilakukan debridement dengan normal saline kemudian ditutup kembali. Selanjutnya kontrol ulang lagi ke dr. Safrizal sp OT dia menyarankan agar dioperasi ulang lagi. Setelah dilakukan operasi yg kedua kali nanahnya juga tak pernah hilang bahkan berbagai antibiotik telah diberikan seperti clindamicyn, levofloxacin, cefadroxil dan itu semua diberikan tanpa pemeriksaan uji mikrobiologi. Terakhir kontrol dengan dr safrizal pada 10 jun 2016 dan yg bikin kami terkejut jawaban dari dokter tersebut " saya heran dengan luka bapak kenapa tak kunjung sembuh dgn nanahnya". Padahal hasil pemeriksaan darah lengkap tidak menunjukkan penyakit penyerta. Kemudian kami periksa ke penang, setelah dilakukan tindakan operasi lagi di island dan pemebrian obat antibiotik setelah pemeriksaan mikrobiologi selama 6 minggu. Muncul masalah baru yaitu kakinya tidak bisa diluruskan dan apabila kakinya digunakan untuk berjalan makan akan bengkak dan sangat sakit. Pada tanggal 23 jun kemarin saya ajak bapak saya untuk pemeriksaan darah lengkap di prodia hasilnya menunjukkan LED meningkat tinggi. Mohon advise dokter Kurniawan apakah penyebab kakinya tidak bisa lurus lagi? Apakah kakinya bisa sembuh kemabli normal? Menurut dokter, kira2 tindakan apa yg selanjutnya harus dilakukan. Dimana kira2 dokter yg tepat untuk tindakan selanjutnya? Terima kasih atas tanggapannya. Salam sejawat. Dr. Ridha

    BalasHapus
  98. Saya turut prihatin apa yang dialami orang tua Dr.Ridha.
    Memang nampaknya terjadi infeksi setelah operasi TKR. Biasanya kita lakukan debridement dan pelepasan implant sekaligus penanaman antibiotic cement spacer sambil diberi antibiotik sesuai hasil kultur resistensi antibiotik. Cek Laju endap darah seminggu sekali untuk melihat efektifitas antibiotok yang diberikan. Bila perlu dilakukan operasi debridement ulang. Biasanya lutut yang bersangkutan tidak dapat ditekuk. Tapi yang dialami malah tidak dapat diluruskan. Saya masih belum mengerti, mungkin perlu dikirimkan foto rontgennya lewat email saya. Terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Noted dokter. Sudah saya kirim hasil rontgennya ke email dokter. Terima kasih. Salam

      Hapus
  99. Dok saya menagalami bengkak dilutut kanan saya tapi tidak memerah, tapi saya tidak pernah kecelakaan ataupun terbentur, memang sebelumnya trasa sakit tp tidak bengkak dan merah, skrng udh 3hari, saya kompres es batu dan saya pijat lembut krna saya tidak kuat juga berjalan, kalo berdiri masih kuat krna kaki kiri bisa bertahan. Klo kaki yg sakit susah ditekuk dan kaku rasanya sakit klo saya tiduran seperti nyut2an gitu dok. Tolong sarannya dong, apa harus kedokter?

    BalasHapus
  100. Bolehkah saya tahu usia anda, pernah tidak menderita asam urat yang tinggi ataupun riwayat keluarga anda yang menderita asam urat yang tinggi?

    BalasHapus
  101. Dokter,mohon infonya. Ibu saya di diagnosa OA grade 2,dr hasil rongentnya ada seperti taji ayam di dengkul, saya sebelumnya sdh prnh mngirimkan foto rongent kepada dokter. Sekarang ibu saya minum obat celbrex 200 dan osteokom saja. Krn sering nyeri. Dan sekarang daerah betisnya aga mengecil dan dengkulnya aga mmbesar. Mohon infonya dok, knapa sperti itu,krn dkter tulang disini, tidak prnh mmberi pnjelasan yg jelas. Trimkasih

    BalasHapus
  102. Dokter,mohon infonya. Ibu saya di diagnosa OA grade 2,dr hasil rongentnya ada seperti taji ayam di dengkul, saya sebelumnya sdh prnh mngirimkan foto rongent kepada dokter. Sekarang ibu saya minum obat celbrex 200 dan osteokom saja. Krn sering nyeri. Dan sekarang daerah betisnya aga mengecil dan dengkulnya aga mmbesar. Mohon infonya dok, knapa sperti itu,krn dkter tulang disini, tidak prnh mmberi pnjelasan yg jelas. Trimkasih

    BalasHapus
  103. OA grade 2 sebenarnya masih kategori sedang. Grading OA ada 5 yaitu 0-4.
    Seharusnya masih dapat diatasi secara konservatif apabila ditangani secara baik dan kontrol teratur. Lutut yang membesar disebabkan pembengkakan sendi lutut. Hal ini dikarenakan penumpukan cairan sendi yang berlebihan akibat peradangan sendi sehingga sendinya sangat kaku, tegang (tension) dan nyeri untuk digerakkan. Lama kelamaan sendi tidak digerakkan dan jarang digunakan untuk berjalan akan mengakibatkan otot2 betisnya mengecil (disused atrophy). Seharusnya cairan yang berlebihan itu dikeluarkan dengan cara aspirasi dan disuntik dengan obat anti peradangan. Apabila berkenan boleh disuntik minyak (istilah awam) atau hyaluronic acid (medis).
    Perlu juga dikompres dingin 3 kali sehari (10-15 menit tiap kali kompres).
    Konsultasikan kembali secara teratur dengan dokter orthopaedi anda agar dapat mengatasi masalah ini. Terima kasih...

    BalasHapus
  104. Malam dokter. Sya mau tanya. Lutut sya bantalan robek. Dikarenakan olahraga. Umur sya 38thun saat ini.
    Dr yg sya baca klo mau sembuh harus oprasi. Besar biayanya brpa ya? Apakah bpjs menanggung oprasi ini? Sya sdah mri dan hasilnya sdah ada di saya. Tlong ditanggapin. Tx

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar Anda, Anda tidak harus mencantumkan nama untuk memberikan komentar, tetapi jika memberikan komentar sebagai pemakai terdaftar, baik itu google+, open ID atau wordpress, maka Anda akan diberitahu lewat email jika komentar anda dibalas/djawab, terima kasih...