Sabtu, 12 Mei 2012

NUTRISI PASCA OPERASI PATAH TULANG

Masih terkait dengan fraktur tulang, dalam artikel ini saya merangkumkan data hasil konsultasi dengan Dr. Kurniawan, SpOT dan hasil pencarian via  internet tentang nutrisi yang diperlukan dalam masa penyembuhan fraktur tulang pasca pembedahan, kali ini membahas tentang kalsium dan vitamin /mineral lain yang diperlukan dalam proses penyerapan kalsium oleh tubuh kita.

Mohon diperhatian bahwa artikel ini tidak dimaksudkan dan tidak bisa untuk menggantikan nasehat/peran dokter, tetapi hanya sebagai referensi  atau untuk menambah pengetahuan. Juga karena ilmu pengetahuan berkembang setiap saat, data yang ditampilkan di sini adalah data yang terbaru saat artikel ini di publikasikan, jadi mungkin dikemudian hari Anda mungkin menemukan data yang telah berubah.

KALSIUM

Kalsium/Calcium(Ca) adalah mineral yang paling banyak terkandung dalam tubuh kita, dan unsur ke-5 terbanyak dalam tubuh manusia. Sebagai unsur utama pembentuk tulang, 99% terkandung dalam tulang dan gigi dan 1% dalam darah dan jaringan tubuh lainnya. Kalsium dibantu magnesium juga berfungsi sebagai elektrolit yang bertugas menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Sepanjang hidup Anda, kalsium “disimpan” di tulang atau  “ditarik” dari tulang, tergantung kebutuhan. Bila asupan kalsium anda terlalu rendah, maka tubuh “menarik” kalsium yang dibutuhkan dari tulang Anda.

Seiring berjalannya waktu, jika jumlah kalsium yang ditarik lebih banyak dari yang disimpan, maka hasilnya adalah tulang yang lemah dengan kandungan kalsium yang tipis sehingga mudah patah.

Diketahui konsumsi zat/unsur tertentu  menyebabkan tubuh membuang lebih banyak kalsium dibanding jumlah normal, antara lain kafein (terkandung dalam kopi, teh, soft drinks), Natrium/Sodium dan Chloride yang terkandung dalam garam, serta fosfor dan alkohol.

Pria dan wanita sama rentannya terhadap kehilangan massa tulang seiring bertambahnya usia. Tetapi wanita beresiko lebih tinggi terhadap osteoporosis setelah menopause.

Sumber kalsium alami:
·         Susu dan produk susu seperti keju dan yogurt, dan lain-lain.
·         Kacang-kacangan seperti kacang mede, kedelai/soya dan produk jadi seperti susu kacang kedelai, tahu, tempe.
·         Sayur-sayuran seperti brokoli, kubis/kol, bunga kol, bayam, lobak.
·         Jus buah seperti jeruk.


Jika Anda tidak bisa mendapatkan kebutuhan kalsium harian Anda dari produk susu dan makanan lain, suplemen kalsium adalah cara yang aman dan ampuh untuk mendapatkan cukup kalsium. 


Berikut adalah beberapa tips untuk memilih suplemen kalsium.
·         Jumlah kalsium dalam suplemen bervariasi dari 200 mg sampai 600 mg, dan harus dicetak pada label. Baca label - tiap ‘sajian' suplemen mungkin mengandung 400 mg kalsium, tapi porsi tersebut mungkin dibagi menjadi 2. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen kalsium paling baik diserap bila dikonsumsi dalam dosis 500 mg kalsium atau kurang. Untuk alasan ini, suplementasi kalsium Anda lebih sering dibagi jadi 2 kali konsumsi atau lebih untuk mendapatkan dosis konsumsi harian yang cukup.
·         Tablet kunyah diserap lebih baik dari pil yang ditelan seluruhnya. Jika Anda menggunakan pil non-kunyah, Anda dapat memeriksa jika dapat larut dengan cara ini: menempatkan pil dalam segelas air hangat selama 30 menit dan kemudian aduk, jika pil larut dalam air, berarti larut dalam perut Anda juga.
·         Beberapa orang kuatir untuk mengonsumsi suplemen kalsium dengan kandungan timbal. Asupan timbal maksimum menurut FDA adalah 6,0 mcg / hari.  Dua suplemen kalsium terkenal yang mengandung timbal adalah Caltrate (3,43mcg / hari) dan OsCal (1,74 mcg/hari). 
·         Secara umum, kalsium karbonat berbiaya rendah dan cukup efektif. Kalsium karbonat paling baik diserap jika dikonsumsi dengan makanan. Kalsium sitrat dapat dikonsumsi setiap saat. Jika punya masalah sembelit, kalsium sitrat (Citracal) dapat menjadi pilihan yang lebih baik bagi sebagian orang.
Kebanyakan ahli menyarankan bahwa pasien yang menggunakan obat yang menghalangi asam lambung (termasuk obat seperti Zantac, Pepcid, Prilosec, atau Protonix, tetapi ini tidak semua obat-obatan) mengkonsumsi kalsium sitrat daripada kalsium karbonat.
·         Jika dokter Anda merekomendasikan suplemen zat besi dan Anda juga mengkonsumsi suplemen kalsium, penting bahwa tubuh Anda menyerap semua nutrisi dengan baik. Untuk penyerapan terbaik dari kedua zat besi dan kalsium, dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen kalsium 2 jam sebelum atau setelah suplemen zat besi Anda. Anda tidak harus memakannya pada saat yang sama.
·         Kalsium mengganggu kemampuan tubuh untuk menggunakan antibiotik tertentu, tetrasiklin misalnya. Jika dokter Anda meresepkan tetrasiklin, penting bagi Anda untuk mengkonsumsi dengan benar. Karena itu, Anda tidak harus mengkonsumsi suplemen kalsium (atau makan makanan yang kaya kalsium) pada saat yang sama seperti tetrasiklin. Antibiotik Anda akan bekerja baik jika Anda mengkonsumsi suplemen kalsium Anda (atau makan makanan yang kaya kalsium) 2 jam sebelum atau setelah mengkonsumsi tetrasiklin. Jadi sangat penting untuk berbicara dengan apoteker Anda cara yang tepat untuk minum obat.
·         Beberapa orang yang mengonsumsi suplemen kalsium mengeluhkan sembelit. Cara terbaik untuk mencegah sembelit adalah makan lebih banyak serat dalam diet Anda, dari buah-buahan, sayuran, dan produk gandum serta minum 6 sampai 8 gelas air setiap hari. Jika langkah-langkah sederhana tidak cukup membantu, perhatikan *diet Anda untuk mencoba mendapatkan lebih banyak kalsium dari makanan dan kurangi dari suplemen. Baca label untuk jumlah kalsium dalam dosis masing-masing. 
·         Suplemen kalsium dosis yang lebih rendah dapat lebih baik ditoleransi daripada suplemen dosis tinggi. Secara umum, kalsium karbonat memiliki jumlah tertinggi kalsium per dosis. Kalsium sitrat memiliki kalsium lebih sedikit per dosis dan kalsium glukonat adalah salah satu dosis terendah
·         Sebagian besar kalsium diserap di usus halus dengan bantuan vitamin D. Vitamin D juga diperlukan untuk penyerapan kembali kalsium oleh ginjal. Kalsium juga diserap melalui usus besar jika dosis kalsium yang diterima oleh tubuh cukup tinggi, juga tergantung pada asupan vitamin D yang cukup.
·          Asupan kalsium terlalu tinggi yang dikonsumsi secara teratur dapat membahayakan. Hal ini penting untuk diperhatikan dalam konsumsi kalsium harian Anda. Anda dianjurkan tidak mengkonsumsi lebih dari 2.500mg kalsium per hari. Dampak merugikan dari asupan kalsium yang berlebihan mencakup: tingkat kalsium darah tinggi,pembentukan batu ginjal dan komplikasi ginjal.

Dosis kebutuhan kalsium harian berdasarkan umur:
·         Anak-anak 4-8 tahun                 800 mg
·         Remaja 9-18 tahun                  1.300mg
·         Orang dewasa 19-50 tahun      1.000mg
·         Orang dewasa diatas 50 tahun 1.200mg
·         Wanita hamil/menyusui            1.200mg
·         Wanita pasca menopause         1.200mg-1.500mg

MAGNESIUM
Magnesium(Mg) adalah mineral yang paling berlimpah dalam tubuh, diurutan ke-4, dan sangat penting untuk kesehatan yang baik. Sekitar 50% dari total magnesium tubuh ditemukan dalam tulang. Sisanya terutama ditemukan di dalam sel jaringan tubuh dan organ. Hanya 1% dari magnesium ditemukan dalam darah, tetapi tubuh bekerja sangat keras untuk menjaga agar kadar magnesium tetap konstan.
Magnesium diperlukan untuk lebih dari 300 reaksi biokimia dalam tubuh. Ia membantu menjaga otot dan fungsi saraf, menjaga irama jantung agar stabil, mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat, dan menjaga tulang yang kuat. Magnesium juga membantu mengatur tingkat gula darah, menjaga tekanan darah agar tetap normal dan diketahui terlibat dalam metabolisme energi dan sintesis protein. Magnesium makanan diserap di usus kecil. Magnesium diekskresikan melalui ginjal.

Dalam tulang, magnesium memiliki 2 peran yang sangat berbeda.
·         Berperan membantu memberikan struktur fisik tulang, merupakan bagian dari kisi kristal pembentuk tulang bersama-sama dengan fosfor dan kalsium.
·         Berperan sebagai tempat penyimpanan/cadangan magnesium yang dapat diambil jika asupan magnesium tidak cukup, letaknya dipermukaan tulang dan bukan merupakan bagian dari pembentuk tulang.

Sayuran hijau seperti bayam merupakan sumber magnesium yang baik karena pusat dari molekul klorofil (yang memberikan sayuran hijau warna daun) mengandung magnesium. Beberapa polong-polongan (buncis dan kacang polong), kacang-kacangan dan biji-bijian, dan biji-bijian utuh yang  tidak dimurnikan juga merupakan sumber magnesium yang baik. Biji-bijian olahan umumnya rendah magnesium, misalnya ketika tepung terigu dihaluskan dan diproses, kulit ari yang kaya magnesium dan dedak dipisahkan. Roti yang terbuat dari tepung gandum “whole grain” menyediakan magnesium lebih dari roti yang dibuat dari tepung terigu halus. Air keran bisa menjadi sumber magnesium, tapi jumlahnya bervariasi sesuai dengan pasokan air. Air yang secara alami mengandung mineral lebih digambarkan sebagai air “keras". Air “keras” mengandung magnesium lebih dari air "lunak". Makan berbagai kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran akan membantu Anda memenuhi kebutuhan magnesium sehari-hari Anda.

Berikut adalah dosis magnesium harian yang dibutuhkan oleh tubuh, berdasarkan usia.
Usia (tahun)
Pria
Wanita
Hamil
Menyusui
(mg/hari)
(mg/hari)
(mg/hari)
(mg/hari)
1 - 3
80
80
-
-
4 - 8
130
130
-
-
9 - 13
240
240
-
-
14 - 18
410
360
400
360
19 - 30
400
310
350
310
30 +
420
320
360
320

Diet* magnesium tidak menimbulkan risiko kesehatan, namun dosis farmakologis magnesium yg berlebihan dalam suplemen dapat mempromosikan efek samping seperti diare dan kram perut. Risiko toksisitas magnesium meningkat dengan gagal ginjal, ketika ginjal kehilangan kemampuan untuk mengurangi magnesium yang berlebih. Dosis magnesium  yang sangat besar yang mengandung obat pencahar dan antasida juga telah dikaitkan dengan toksisitas magnesium. 
Sebagai contoh, kasus hyper magnesemia setelah asupan tanpa pengawasan dari suspensi magnesium aluminium lisan terjadi setelah seorang gadis berusia 16 tahun memutuskan untuk mengkonsumsi antasid setiap dua jam, bukan empat kali per hari,seperti yang ditentukan. Tiga hari kemudian, ia menjadi tidak responsif dan menunjukkan hilangnya refleks tendon parah. Dokter tidak dapat menentukan asupan magnesium yang tepat, tetapi kadar magnesium wanita muda ini menunjukkan lima kali lebih tinggi dari biasanya. Oleh karena itu, penting bagi para profesional medis untuk berhati-hati dengan penggunaan setiap magnesium yang mengandung obat pencahar atau antasida. 

 Tanda-tanda kelebihan magnesium dapat mirip dengan kekurangan magnesium dan termasuk perubahan status mental, mual, diare, hilangnya nafsu makan, kelemahan otot, kesulitan bernapas, tekanan darah sangat rendah dan denyut jantung tidak teratur.

Daftar batas tertinggi konsumsi regurel suplemen  magnesium yang masih dapat diterima tubuh manusia.
Usia (tahun)
Pria
Wanita
Hamil
Menyusui
(mg/hari)
(mg/hari)
(mg/hari)
(mg/hari)
0 - 1
tidak ditentukan
tidak ditentukan
-
-
1 - 3
65
65
-
-
4 - 8
110
110
-
-
9 - 18
350
350
350
350
19 +
350
350
350
360

* Perhatikan bahwa batas ini untuk konsumsi suplemen magnesium, bukan magnesium dari makanan sehari-hari.

Hal yang mengindikasikan bahwa Anda membutuhkan makanan dengan kadar magnesium tinggi:
·         Kelemahan otot, tremor atau kejang
·         Aritmia jantung, kontraksi tidak teratur atau peningkatan denyut jantung
·         Pelunakan atau melemahnya tulang
·         Kadar gula darah tidak seimbang
·         Sakit kepala
·         Peningkatan tekanan darah.

Secara umum, makanan tinggi magnesium dapat membantu Anda dalam:
·         Menenangkan otot dan syaraf
·         Membangun dan memperkuat tulang
·         Menjaga agar sirkulasi darah Anda tetap lancar.

Sebenarnya masih banyak lagi peran magnesium dalam tubuh manusia, terlalu luas untuk dibahas di sini, jadi saya membatasi hanya pada hal-hal yang umum dan berkaitan dengan tulang saja.

VITAMIN D

Vitamin D ditemukan oleh Elmer McCollum pada tahun 1913, diberi nama vitamin D karena merupakan vitamin urutan ke-4 yang ditemukan/diidentifikasikan saat itu.

Ada beberapa jenis vitamin D, antara lain D1, D2, D3, D4, D5. 2 bentuk yang paling umum adalah D2(ergocalciferol) yang ditemukan pada tanaman dan D3(cholecalciferol) yang ditemukan pada hewan. Keduanya dikenal dengan calciferol. Jika disebut dengan vitamin D tanpa angka dibelakangnya, artinya merujuk pada vitamin D2 atau D3 atau keduanya. Vitamin D merupakan turunan dari kolesterol, jadi hanya larut dalam minyak.


Susunan molekul vitamin D
Vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium di usus dan mempertahankan serum kalsium yang memadai dan konsentrasi fosfat untuk memungkinkan mineralisasi normal tulang dan mencegah tetany hypocalcemic. Hal ini juga dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan remodeling tulang oleh osteoblas dan osteoklas. Tanpa vitamin D yang cukup, tulang dapat menjadi tipis, rapuh, ataupun cacat. Kecukupan vitamin D mencegah rakhitis pada anak dan osteomalacia pada orang dewasa. Bersama dengan kalsium, vitamin D juga membantu melindungi orang dewasa yang lebih tua dari osteoporosis.

Vitamin D memiliki peran lain dalam tubuh, termasuk modulasi pertumbuhan sel, fungsi neuromuskuler dan kekebalan tubuh, dan mengurangi peradangan. Banyak gen penyandi protein yang mengatur proliferasi sel, diferensiasi, dan apoptosis adalah sebagian dimodulasi  oleh vitamin D. Banyak sel memiliki reseptor vitamin D, dan beberapa mengkonversi 25(OH)D untuk 1,25(OH)2D.


Semua mamalia termasuk manusia dapat mensintesis vitamin D dengan bantuan sinar ultraviolet B dari sinar matahari, normalnya terkena sinar matahari sekitar selama 15 menit perhari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D kita. Kalau tidak, dapat diperoleh dengan mengkonsumsi suplemen, biasanya vitamin D sudah disertakan dalam suplemen kalsium. 
Pemakaian tabir surya yang mengandung SPF(Sun Protection Formula) dapat menghalangi/mengurangi sintesa vitamin D oleh tubuh kita, karena menghalangi sinar ultraviolet B. 

Perlu diperhatikan bahwa vitamin D yang disintesis oleh tubuh kita tidak akan menyebabkan keracunan, berapapun jumlahnya, tubuh kita punya mekanisme tersendiri untuk mengantisipasi hal ini. Contohnya, tubuh manusia terkena sinar matahari selama 1 jam dimusim panas mampu menghasilkan sampai 10.000 IU vitamin D. Jadi bisa dibayangkan berapa banyak vitamin D yang dihasilkan oleh tubuh sepanjang musim panas. Sedangkan vitamin D berlebihan dari suplemen bisa menyebabkan keracunan.


Dosis harian konsumsi vitamin D berdasarkan usia
Usia (tahun)
Pria
Wanita
Hamil
Menyusui




0 - 1
400IU (10mcg)
400IU (10mcg)
-
-
1 - 13
600IU (15mcg)
600IU (15mcg)
-
-
14 - 18
600IU (15mcg)
600IU (15mcg)
600IU (15mcg)
600IU (15mcg)
19 - 50
600IU (15mcg)
600IU (15mcg)
600IU (15mcg)
600IU (15mcg)
51 - 70
600IU (15mcg)
600IU (15mcg)
-
-
70 +
800IU (20mcg)
800IU (20mcg)
-
-

Perhatikan daftar konsumsi harian vitamin D pada tabel beserta batas tertinggi konsumsi, karena konsumsi berlebihan berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Disebutkan efek samping keracunan vitamin D jika dikonsumsi melebihi ambang batas yang dianjurkan adalah  menyebabkan masalah makan dan akhirnya disorientasi, koma dan kematian. Konsumsi sebesar 50.000 IU perhari selama beberapa bulan dapat menyebabkan keracunan tersebut.

Lalu ibu hamil dan menyusui sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi suplemen vitamin D, karena keracunan vitamin D menyebabkan keterbelakangan mental dan kerusakan wajah pada janin yang dikandung, disebutkan ambang batas aman adalah 1.000 IU. Lalu anak-anak terutama umur 0-12 tahun memiliki ambang batas konsumsi yang berbeda dengan orang dewasa yang berumur 19 tahun keatas.

Vitamin D termasuk jenis vitamin yang larut dalam minyak (seperti vitamin A, E, dan K juga), sedangkan vitamin B dan C jenis yang larut dalam air. Kedua jenis vitamin ini, baik yg larut dalam minyak maupun air, punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Vitamin yang larut dalam air, walaupun kecil kemungkinan terjadi keracunan/toksisitas yang disebabkan oleh kelebihan dosis, tetapi perlu konsumsi harian, baik itu lewat makanan maupun suplemen, karena yang berlebih segera terbuang. Sedangkan vitamin yang larut dalam minyak, jika terjadi kelebihan konsumsi akan tersimpan dalam tubuh, jadi lebih kecil kemungkinan terjadi defisiensi/kekurangan, karena tak bisa terbuang lewat urin, hanya bisa habis terpakai oleh tubuh, karena itu jika terus menerus kelebihan maka akan menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan keracunan/toksisitas.

Sangat sedikit makanan yang secara alami mengandung vitamin D. Daging dari lemak ikan (seperti salmon, tuna, dan mackerel) dan minyak hati ikan adalah salah satu sumber terbaik. Sejumlah kecil vitamin D ditemukan dalam hati sapi, keju, dan kuning telur. Beberapa jamur memberikan vitamin D2 dalam jumlah bervariasi. 


Catatan.

Diet*: yang dimaksud dengan diet di sini bukan program untuk mengurangi berat badan seperti asumsi umum selama ini, tetapi arti sebenarnya dari kata “diet” dalam bahasa Inggris yang juga berarti menu atau makanan.

1μg =1/1.000.000 gram. μg(mu gram) dibaca mikrogram

IU = Internasional Unit. Dalam farmakologi, IU adalah unit pengukuran zat berdasarkan aktivitas biologis atau efeknya. Beberapa negara mungkin punya sebutan yang berbeda, seperti : UI (Spanyol=unidad internacional atau Prancis=unité internationale atau Itali=unità internazionale); atau  IE (Jerman =Internationale Einheit, Denmark= International Enhed, Swiss= Internationell Enhet). Hal ini digunakan untuk mengukur vitamin, hormon, beberapa obat, vaksin, produk darah, dan zat biologis aktif sejenis.

Banyak zat biologis hadir dalam banyak bentuk/preparat, misalnya vitamin A dalam bentuk retinol atau beta-karoten. Tujuan dari IU adalah untuk dapat membandingkan ini, sehingga berbagai bentuk atau preparat dengan efek biologis yang sama akan mengandung jumlah IU yang sama. Untuk melakukannya, Komite Pakar WHO untuk standardisasi biologi menyiapkan referensi untuk preparat zat, dengan semaunya menentapkan jumlah UI yang terkandung dalam preparat, dan menetapkan prosedur biologis untuk membandingkan dengan preparat lain dari zat yang sama dengan preparat yang direferensikan. Karena jumlah IU terkandung dalam suatu substansi baru di tetapkan semaunya, maka tidak ada kesetaraan antara ukuran IU dari zat biologis berbeda. Contohnya satu IU vitamin E tidak bisa disetarakan dengan satu IU vitamin A dari segi apapun, termasuk massa atau keefektifan.

Selain nama sebutan yang sama, IU bukan bagian dari sistem International Unit yang digunakan dalam ilmu fisika atau kimia. IU juga tidak bisa dicampuradukkan dengan “enzyme unit” yang juga dikenal sebagai “International unit of Enzyme”dan disingkat sebagai U.

Untuk menghilangkan kemungkinan tercampur aduk antara huruf “I” dengan angka “1”, beberapa rumah sakit menetapkan kebijakan untuk menghilangkan huruf “I”, karena itu, hanya untuk menggunakan U atau E ketika menyebutkan atau menulis dosis, sedangkan sebagian rumah sakit yang lain mengharuskan kata “unit” ditulis secara utuh.

Untuk menetapkan IU untuk sebuah substansi, sebuah studi kolaboratif yang diorganisasikan oleh komite ahli WHO dalam standardisasi biologi menggunakan beberapa sistem uji di beberapa laboratorium. Tujuan utama studi ialah untuk mencapai konsensus tentang metoda analisis dan pendekatan standardisasi sehingga hasilnya dapat dibandingkan.

Studi dilakukan menggunakan preparat substansi yang sangat murni, biasanya dalam bentuk lyophilized, disebut “International reference preparation” atau IRP. Tiap preparat dibagi menjadi sampel-sampel dengan berat yang sangat tepat, tiap sampel disimpan dalam ampul tersendiri yang diberi label kode terkait dengan IRP sumber. Pengujian kemudian dilakukan menggunakan sampel-sampel dan dikalibrasikan terhadap standar UI yang telah ada sebelumnya. Hasilnya mungkin berbeda, hasil akhir nilai IU dari sampel suatu IRP ditentukan oleh konsensus. IRP yang memberikan hasil terbaik dan menunjukkan stablilitas terbaik kemudian dipilih untuk menentukan IU yang berikut. IRP ini kemudian direferensikan sebagai “standar internasional”.

Contoh IU standar yang ada:
§  Vitamin A: 1 IU  adalah  ekuivalen biologi dari 0.3 μg retinol, or of 0.6 μg beta-carotene
§  Vitamin C: 1 IU adalah ekuivalen biologi dari 50 μg asam L-ascorbic
§  Vitamin D: 1 IU adalah ekuivalen biologi dari 0.025 μg cholecalciferol/ergocalciferol
Vitamin E: 1 IU adalah ekuivalen biologi dari sekitar 0.667 mg d-alpha-tocopherol (2/3 mg exactly), atau dari 1 mg dari dl-alpha-tocopherol acetate


10 komentar:

  1. mba makasih banyak ya tas infonya
    *dewi dede :)

    BalasHapus
  2. benar-benar blog yang menarik & penuh ilmu...
    yang bikin saya langsung pengen baca semua, terutama artikel ini
    ternyata vitamin D berlebih itu efek nya ga baik untuk tubuh ya,
    blog yang sangat bermanfaat mba, perbanyak lg info2 nya ya mba biar pengunjung blog-nya bisa nambah ilmu :)
    (aan andini)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mba Aan Andini :)
      aku dah mampir ke blog mba juga

      Hapus
  3. Mba.. thanks infonya.. cuma agak susah dijalanin dikehidupan sehari2 ya... apalg untuk Ibu saya yg memang gak doyan susu, tp juga gak bisa makan bayem, tempe dan tahu karena asam urat.. trus asupannya apa donk? kasih info lagi ya... :) *veni novita*

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba Veni Novita, ibuku juga punya masalah dgn kolesterol, darah tinggi, jantung serta osteoporosis. jadi akhirnya dokter ortopedinya, Dr. Kurniawan SpOT ini meresepkan suplemen berupa kalsium ama vitamin D. soal vitamin D, kalau masih aktif, sempat terjemur sinar matahari minimal 15 menit perhari aja dah cukup kok. kalo magnesium gak usah terlalu kuatir, semua sayuran warna hijau tua mengandung klorofil, yg mengandung magnesium. buat lebih pastinya, konsultasi aja ke dokter ortopedi terdekat. kalau mba Veni tinggal di Medan juga, pasti sudah aku sarankan buat konsultasi ke Dr. Kurniawan. Sejauh ini ditangani oleh beliau, kondisi Ibuku pasca operasi fraktur sangat baik :)

      Hapus
  4. ty mba atas infonya... :)

    BalasHapus
  5. thanks infox Mba,,sangat bermanfaat,,semoga kedepanx ada lebih banyak artikel dr Mba yg menambah pengetahuan qt ttg Kesehatan... ;)

    ----Dani Herdiyana----

    BalasHapus
  6. info nya sangat membantu.... thank you banget...
    albert jaya

    BalasHapus
  7. bagus sekali..
    terima kasih infonya. sekarang aku jadi lebih tahu tentang gunanya vitamin terutama untuk tulang.
    ----G.M----

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar Anda, Anda tidak harus mencantumkan nama untuk memberikan komentar, tetapi jika memberikan komentar sebagai pemakai terdaftar, baik itu google+, open ID atau wordpress, maka Anda akan diberitahu lewat email jika komentar anda dibalas/djawab, terima kasih...